Kesehatan

Gejala-Gejala Penyakit Pada Jantung Yang Perlu Diperhatikan

Gejala-gejala penyakit jantung

Gangguan penyakit pada jantung memang menjadi salah satu momok paling menakutkan di dunia. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena penyakit jantung ini sendiri merupakan penyakit yang sangat mematikan. Bahkan tidak jarang dapat merenggut nyawa para pasiennya dengan tiba-tiba. Berdasarkan dengan data yang ada, jumlah pasien penyakit jantung memang semakin mengalami kenaikan.

Penyakit yang terjadi pada jantung sendiri sangat beragam mulai jantung koroner, serangan jantung hingga aritma. Agar dapat terhindar dan melakukan pencegahan sejak dini agar tidak terkena penyakit jantung, mengetahui bagaimana gejala-gejala penyakit jantung memang sangat penting.

Gejala-gejala penyakit jantung

Gejala-Gejala Penyakit Jantung

Gejala-gejala penyakit pada jantung sebenarnya ada banyak dan setiap pasien mungkin akan mengalami gejala berbeda-beda. Berikut ini beberapa gejala yang paling umum terjadi pada penderita penyakit jantung ini.

1. Adanya rasa tidak nyaman pada dada

Gejala berupa rasa tidak nyaman pada dada ini merupakan gejala yang paling umum terjadi. Adapun perasaan tidak nyaman tersebut seperti rasa nyeri, sesak napas, tekanan pada bagian dada dan rasa seperti terbakar. Gejala seperti ini dapat menjadi tanda apabila terdapat sumbatan pada bagian arteri anda.

Gejala tersebut dapat muncul pada bagian dada dalam beberapa menit dan biasanya akan muncul ketik anda sedang istirahat maupun sedang melakukan aktivitas fisik cukup berat. Jika gejala ini terjadi, maka segera lakukan pemeriksaan pada dokter.

2. Adanya gangguan pada sistem pencernaan

Gejala yang satu ini memang sangat jarang terjadi dan berkaitan dengan penyakit jantung. Tetapi sebagian besar dari masyarakat mengaku mengalami gejala berupa gangguan pada sistem pencernaan seperti mual dan sakit perut. Gejala satu ini biasanya terjadi pada perempuan lebih banyak.

3. Sleep apnea

Sleep apnea sendiri merupakan kondisi gangguan tidur dimana menyebabkan pernapasan seseorang berhenti sementara dan selama beberapa kali ketika seseorang sedang tidur. Seseorang yang mengalami sleep apnea ini sendiri akan lebih sering mendengkur ketika tidur.

Tetapi bedanya, dengkuran tersebut akan sering terputus-putus atau seperti orang megap-megap. Pola dengkuran tersebut akan membebani kerja dari jantung sehingga dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi juga.

4. Mudah lelah

Seseorang dengan gangguan penyakit pada jantung biasanya juga akan mudah lelah walaupun tidak ada perubahan pola kegiatan sehari-hari. Apabila anda merasa kesulitan dalam melakukan kegiatan sehari-hari, maka sebaiknya harus waspada.

5. Batuk yang tidak segera sembuh

Batuk memang menjadi salah satu kondisi dimana dapat terjadi oleh siapapun. Tetapi apabila batuk tersebut tidak segera sembuh maka anda juga harus waspada. Pasalnya batuk yang tidak kunjung sembuh dapat menjadi tanda apabila ada masalah pada jantung anda tersebut. Terlebih lagi apabila batuk tersebut disertai dengan dahak dengan warna putih. Kondisi seperti ini menjadi tanda penyakit gagal jantung.

6. Gusi mengalami pendarahan

Ciri lainnya dari penyakit jantung adalah gusi mengalami pendarahan. Gusi yang berdarah atau bengkak ternyata dapat menjadi pertanda adanya penyakit jantung. Bakteri dari gulis dapat masuk ke aliran darah dan kemudian dapat memicu peradangan yang terjadi pada jantung.

7. Mengalami keringat dingin

Gejala yang terakhir adalah seseorang mengalami keringat dingin tanpa alasan yang jelas dan juga dapat menjadi tanda dari penyakit jantung. Apabila keringat dingin tersebut disertai dengan rasa nyeri di dada, maka dapat menjadi tanda apabila adanya masalah pada jantung.

Memahami gejala penyakit pada jantung ini memang sangat penting terutama untuk melakukan pencegahan dan pengobatan lebih dini sehingga tidak akan menimbulkan penyakit yang parah.