Bisnis

Jenis Laporan Akuntansi yang Dibutuhkan dalam Bisnis

Laporan Akuntansi

Tahukah Anda, laporan keuangan ternyata berperan penting dalam suatu bisnis. Hal tersebut dikarenakan data finansial yang tercantum dalam laporan memungkinkan Anda mengetahui kondisi bisnis sebenarnya. Selain itu, dengan adanya laporan ini Anda dapat menyusun strategi maupun mengambil keputusan yang lebih mudah dan tepat.

Sebuah bisnis yang sukses pastinya memiliki kondisi keuangan sehat dan jelas. Oleh karenanya perlu membuat sistem manajemen keuangan yang tepat agar kegiatan operasional bisnis dapat berjalan lancar. Nah, bagi Anda yang baru menjalankan bisnis penting sekali memahami tentang jenis laporan akuntansi bisnis. Adapun beberapa jenis laporan akuntansi yang dibutuhkan dalam bisnis yang wajib diketahui, diantaranya yaitu

Laporan Akuntansi

Laporan Laba Rugi

Untuk jenis laporan akuntansi bisnis pertama adalah laporan laba rugi. Keberadaan laporan ini wajib ada di dalam sebuah perusahaan, untuk membantu Anda mengetahui performa usaha di periode tertentu. Umumnya laporan ini memuat aspek pendapatan, beban pajak, minoritas dan lainnya.

Nantinya laporan ini dapat Anda gunakan sebagai acuan untuk modal yang akan digunakan di masa mendatang. Laporan laba rugi di sini juga bisa digunakan untuk perbandingan mengenai pengeluaran yang sedang dilakukan. Perlu Anda ketahui laporan laba rugi dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu single step dan multi step.

Laporan Arus Kas atau Cash Flow

Selanjutnya jenis laporan akuntansi yang dibutuhkan dalam bisnis yaitu laporan arus akas. Umumnya laporan ini memuat transaksi atau biaya yang keluar maupun masuk perusahaan. Dengan laporan ini Anda bisa dengan mudah mengetahui arus kas yang terjadi di periode sebelumnya. Selain, itu arus kas juga bisa digunakan menjadi penentu perencana keuangan perusahaan di masa mendatang.

Laporan Neraca

Laporan neraca menjadi jenis laporan akuntansi selanjutnya yang wajib ada dalam sebuah bisnis. Perlu Anda ketahui, neraca merupakan laporan terpenting yang harus dimiliki oleh suatu perusahaan. Laporan ini berisi mengenai kewajiban, aset dan ekuibilitas.

Umumnya laporan neraca juga digunakan untuk mengetahui jumlah saldo kas, jumlah investasi properti, deposit pelanggan dan jumlah utang. Sehingga, dengan adanya laporan neraca Anda akan mendapatkan rincian lebih detail mengenai status baik maupun buruknya perusahaan.

Laporan Perubahan Modal

Satu lagi jenis laporan akuntansi yang harus dilakukan yaitu laporan perubahan modal. Setiap pengusaha pastinya mengeluarkan modal yang digunakan untuk mengembangkan bisnisnya. Biasanya sebelum menyusun laporan ini Anda wajib menyeleksi terlebih dahulu laporan keuangan laba rugi. Terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam menyusun laporan perubahan modal yaitu awal periode, pengambilan pribadi, beban pajak dan laporan laba rugi.

Setelah mengetahui beberapa jenis laporan akuntansi yang dibutuhkan dalam bisnis pada ulasan diatas. Pastinya sudah tidak bingung lagi mengenai cara membuat laporan keuangan, untuk bisnis yang ada jalankan sekarang ini. Namun, bagi Anda yang masih bingung tidak perlu khawatir sebab sudah ada aplikasi digital BukKas yang siap membantu Anda.

Dengan menggunakan aplikasi BukuKas Anda bisa melakukan pembukuan, catatan keuangan baik utang maupun piutang. Bahkan BukuKas juga memberikan kesempatan bagi semua orang untuk berjualan online dengan mitra tokopedia. Oleh karena itu tunggu apalagi buruan download aplikasi BukuKas sekarang juga! Untuk mempermudah Anda dalam membuat laporan keuangan perusahaan.