12 Mei 2024

Realme merupakan brand smartphone dengan berbagai tipe pilihan. Dalam penggunaan smartphone sehari-hari, layar menjadi bagian penting terlebih kini telepon pintar sudah menerapkan teknologi layar sentuh. Maka, tidak jarang ditemukan masalah seperti error di bagian tertentu. Lakukan cek touchscreen hp realme untuk mengidentifikasi kendala sehingga bisa langsung diperbaiki.

Touchscreen banyak diterapkan di berbagai perangkat di era modern dan digital saat ini. Ada banyak keuntungan menggunakan hp touchscreen, seperti screen display semakin lebar sehingga lebih puas serta mudah memasukkan berbagai perintah. Mengecek kondisinya sangat penting karena bagian ini adalah yang paling banyak mendapatkan sentuhan/respon dari pengguna sehingga rentan terjadi gangguan.

Apa Itu Touchscreen?

Touchscreen atau layar sentuh merupakan teknologi tampilan visual dari berbagai perangkat. Untuk dapat memproses perintah, maka harus memberikan respon berupa sentuhan jari atau menggunakan bantuan alat berupa pen khusus. Fitur ini telah diterapkan di berbagai perangkat, mulai dari televisi, laptop, tablet, hingga smartphone. Dengan begitu, sangat memudahkan mengoperasikannya karena lebih mudah dan nyaman.

Melihat perkembangan teknologi dari zaman dulu dimana smartphone dahulu smartphone masih menggunakan tombol-tombol. Sekarang, tombol tersebut sudah diminimalisir serta digantikan dengan touchscreen. Sensitifitas touchscreen sangat mempengaruhi kenyamanan penggunaan sehingga harus memilih smartphone terbaik, salah satunya adalah Oppo dimana memiliki banyak seri unggulan berkualitas.

Oppo menyediakan metode tes touchscreen yang dapat diterapkan pada beberapa tipe. Kegiatan pengecakan ini sangat penting terlebih ketika pertama kali membeli hp. Dengan mengetahui kondisinya, jika terjadi masalah dapat dilakukan perbaikan secar segera. Selain itu, mengeceknya secara berkala bagi pengguna lama juga bagus supaya bisa menggunakan hp secara nyaman tanpa gangguan.

Cara Mengecek Touchscreen Hp Realme

Dalam mengecek keadaan screen ini, ada beberapa metode yang bisa pengguna Realme terapkan. Proses pengecekan bisa langsung memakai smartphone, kode unik, sampai menggunakan bantuan aplikasi yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store. Berikut sejumlah cara serta langkah-langkah penggunaan selengkapnya.

Memasukkan Kode Unik

Salah satu metode yang biasanya selalu ada di berbagai brand hp adalah menggunakan kode rahasia. Kode ini dapat melakukan pemanggilan pada engineer mode tertentu. Realme juga mempunyai kode unik ini. Untuk lebih jelasnya, ikuti tutorial lengkap di bawah.

  • Buka Menu “Telepon” atau “Dial Pad” di hp Realme
  • Masukkan kode *#808#
  • Tekan tombol “OK”
  • Tekan Menu “Device Debugging”
  • Tap opsi “Touchscreen”
  • Pilih metode pengujian sesuai keinginan
  • Apabila layar responsif, maka kondisi baik
  • Lanjut engecekan otomatis
  • Pass menunjukkan Aman dan Filed artinya Bermasalah
  • Selesai

Metode pengecekan menggunakan kode rahasia ini akan memunculkan menu pilihan pengetesan touchscreen. Pertama, mengetes melalui menggambar/mencoret layar. Maka, buatlah coretan bebas di screen sampai ke bagian pojok-pojok. Kedua, menyentuh LCD dimana akan ada kotak untuk disentuh. Jika layar merespon secara baik, maka kondisinya dipastikan normal. Anda bisa memilih cara cek sesuai keinginan.

Tes Hardware Realme

Mengetes keadaan touchscreen selanjutnya bisa pengguna pilih yakni dengan langsung melalui hardware. Pada smartphone Realme tersedia fitur Pengujian screen sentuh yang dapat dipakai pengguna dari beberapa tipe. Untuk cek apakah layar Anda normal atau terdapat error, maka ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka hp Realme Anda
  • Masuk ke Menu bawaan “Manager Telepon”
  • Tap opsi “Uji Rutin”
  • Tekan “Deteksi Sekarang”
  • Akan muncul pengujian di layar
  • Sentuh layar hp secara bebas
  • Muncul perintah tes kondisi layar dan lcd
  • Indikasi warna maksimal, maka kondisi layar dan lcd baik

Fitur di hp Realme ini sudah satu paket mulai dari pengecekan layar dan lcd. Akan muncul tiga warna di layar, apabila ketiganya mampu berpadu secara maksimal akan menunjukkan bahwa kondisi layar LCD hp Anda sedang sehat. Sebalknya, apabila ditemukan gabungan warna tidak baik, maka bisa saja terjadi error di layar LCD.

Menggunakan Aplikasi Bantuan

Metode selanjutnya yang bisa Anda gunakan adalah dengan memakai aplikasi bantuan. App pengecekan layar sentuh untuk Android tersedia banyak sekali pilihannya. Pengguna Realme bisa memilih sesuai keinginan. Sebagai rekomendasi, terdapat satu aplikasi terbaik bernama Multi Touch. Berikut tutorial penggunaan aplikasinya secara lengkap.

  • Buka Google Play Store di hp Realme
  • Ketikkan kata kunci berupa nama aplikasi Multi Touch di “kolom pencarian”
  • Tekan Install untuk mengunduh
  • Tunggu beberapa saat
  • Tap tombol “Open” untuk jalankan aplikasinya
  • Masuk ke halaman pengetesan
  • Sentuh layar sesuai instruksi

Aplikasi Multi Touch terbukti akurat dalam mengecek hasil sentuhan di layar hp. Untuk memberikan hasil lebih baik, maka Anda dapat melakukan reset penghitungan kembali. Caranya adalah dengan menekan tombol menu di sebalah Menu Home. Setelah itu, tekan opsi “Reset Touches”.

Cek Layar Realme untuk Deteksi Dead Pixel

Dead pixel merupakan kondisi layar yang menunjukkan piksel-piksel di dalamnya tidak dapat bergungsi dengan baik. Hasilnya, tampilan layar menjadi tidak maksimal. Untuk mengeceknya, Anda tidak membutuhkan aplikasi tambahan. Berikut panduan selengkapnya.

  • Buka Menu “Manajer Telepon”
  • Tekan opsi “Uji Rutin”
  • Pilih Tes Dead Pixel
  • Jika muncul titik hitam di layar, maka hp mengalamai dead pixel

Ketika melakukan pengetesan ini, layar akan berubah warnanya menjadi merah, hijau, biru secara bergantian. Jika warna tersebut berubah dan terlihat titik hitam, maka itu menandakan terjadinya dead pixel. Apabila sudah begini, solusinya adalah mengganti LCD atau layar hp Anda ke tempat servis resmi atau terpercaya.

Tips Supaya Touchscreen Realme Tidak Mudah Rusak

Penggunaan smartphone setiap orang berbeda-beda. Namun, dengan melihat layar sebagai komponen penting dan sangat sensitif, maka risiko kerusakannga juga tinggi. Oleh sebab itu, Anda dapat ikuti tips di bawah ini supaya touchscreen tetap awet alias tidak mudah rusak.

Gunakan Screen Protector

Screen protector adalah pelindung layar yang dipasang di komponen touchscreen smartphone Realme Anda. Ini sangat berguna untuk melindungi dari goresan berbagai benda. Ada banyak pilihan screen guard yang berada di pasaran. Anda dapat memilih yang terbaik sebagai perlindungan maksimal supaya layar tetap dalam kondisi baik meskipun dipakai atau disimpan sedemikian rupa.

Hindarkan Dari Suhu Panas

Layar sentuh pada hp Android akan tetap awet dan tidak mudah mengalami error jika Anda tidak mendekatkannya pada benda atau keadaan dengan suhu panas. Sebagai contoh, meletakkannya di bawah sinar matahari langsung, kompor, oven/microwave, CPU komputer, dan lain sebagainya.

Simpan Dengan Baik

Banyak orang memasukkan smartphone ke dalam tas dimana di dalamnya terdapat benda-benda lain, bahkan yang tajam. Hal tersebut tentu saja dapat merusak layar. Selain itu, jangan memasukkannya ke dalam celana saku yang sempit. Itu bisa mengurangi sensitivitasnya.

Itu dia informasi tentang cara dalam cek touchscreen hp realme. Gunakan metode tanpa atau memasang aplikasi. Dengan mengeceknya, maka bisa mengetahui kondisi screen Sehingga, apabila ada kerusakan bisa segera memperbaikinya.