12 Mei 2024

Bahaya Kurang Tidur – kabeje.com. Seharusnya delapan jam adalah batas waktu maksimal seseorang beristirahat ketika di malam hari. Namun sayangnya masih banyak orang yang lebih suka menghabiskan waktu tidurnya dengan melakukan berbagai hal.

Baik itu yang bermanfaat maupun yang tidak bermanfaat sama sekali. Kurang tidur juga bisa disebabkan karena faktor lingkungan atau bahkan karena insomnia.

Bahaya Kurang Tidur Bagi Kesehatan Anda

Bahaya Kurang Tidur

Bahaya akibat kurang tidur bagi kesehatan Anda sangat beragam sekali, tergantung dari sistem imun tubuh, pola makan dan gaya hidup, bisa ringan atau berat (baca juga Memutihkan Gigi). Berikut ini beberapa bahaya yang disebabkan karena kurang tidur, khususnya bagi kesehatan Anda.

Tambah berat badan

Masih terbayang dalam ingatan, bagimana sulitnya menurunkan berat badan, Anda harus menghindari konsumsi makanan dan minuman tertentu, dan harus bisa mengontrol nafsu makan. Apakah pengorbanan yang Anda lakukan itu sudah sebanding dengan begadang untuk menonton film atau pergi clubbing?

Pikirkanlah kurang tidur akan membuat merasa lapar atau merasakan gatal di lidah. Intinya selalu saja ingin memakan sesuatu, baik makanan ringan atau makanan berat, seperti mie instan.

Begadang hingga tengah malam tidak lengkap rasanya bila tidak disertai dengan camilan. Camilan inilah yang nantinya akan membuat berat badan Anda naik meroket tajam kembali. Apalagi jika camilan tersebut diolah dengan digoreng, banyak kalori dan kolesterol.

Coba bayangkan apa yang akan terjadi selama 7 hari bila Anda konsisten dengan kebiasaan ini. Pastinya berat badan akan ikut naik beberapa kilo.

Sistem imun melemah

Kurang tidur ternyata bisa mempengaruhi kadar sel putih dalam darah yang berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh.  Oleh karenanya, kurang tidur bisa membuat sistem imun tubuh Anda melemah, Anda jadi gampang sakit dan mudah merasakan lelah.

Kebiasaan kurang tidur juga bisa memicu timbulnya delayed  sleep syndrome. Artinya yang biasa kurang tidur, dalam satu waktu atau satu malam, secara tidak disadari atau disadari akan tidur lebih awal, atau disebut juga sebagai siklus tidur yang melambat.

Jantung serta hipertensi

Bahaya akibat kurang tidur bagi kesehatan Anda ternyata bisa meningkatkan resiko terkena penyakit kronis, seperti jantung, stroke atau hipertensi. Bila kurang tidur yang Anda alami terus terjadi setiap hari, organ tubuh akan menerima dampak buruknya pula.

Tekanan darah yang awalnya normal dan baik-baik saja bisa berubah menjadi lebih cepat dan tinggi. Istirahat dengan cukup merupakan saran terbaik yang diberikan oleh dokter, apalagi jika Anda sudah memiliki riwayat penyakit dalam yang kronis.

Diabetes

Kurang tidur bisa merusak hormon tubuh Anda, yang mana pada akhirnya akan mempengaruhi  kadar gula karena jumlah insulin yang seharusnya mencukupi jadi tidak mencukupi. Maka dari itu seseorang yang kurang tidur lebih beresiko untuk terkena penyakit diabetes.

Sakit kepala

Sudah banyak yang mengeluhkan dan memang terbukti benar, jika kurang tidur akan membuat sakit kepala di pagi hari atau bahkan sepanjang hari. Kabarnya jika Anda yang sering sekali begadang atau kurang tidur dan bangun di pagi hari dengan kondisi atau perasaan yang tidak enak, Anda tengah mengalami gegar otak dalam skala kecil.

Sebab otak Anda seringkali mengalami guncangan karena kurangnya waktu istirahat dalam kisaran waktu tertentu. Lama-lama akan mengakibatkan kerusakan pada otak dalam skala yang lebih besar lagi.

Bahaya kurang tidur bagi kesehatan Anda sebenarnya masih bisa diatasi dengan mudah, kurangi kebiasaan begadang malam. Untuk yang memiliki problem insomnia, atasi insomnia Anda terlebih dahulu. Untuk wawasan lebih jauh jangan lupa untuk membaca artikel lain seperti Cara Memutihkan Wajah agar terlihat maksimal.

Mungkin hanya ada sedikit artikel tersebut yang dapat admin sampaikan kepada anda semua, apabila terdapat salah kata atau yang lain silahkan berikan kritik serta saran di laman yang telah admin siapkan.