Tips

Mengenal Karakteristik Generasi Z

Generasi Z

Generasi Z merupakan istilah yang digunakan untuk mereka yang lahir pada selang tahun 1995 dan seterusnya. Generasi ini juga dikenal dengan sebutan generasi digital. Mereka lahir ketika teknologi internet mulai berkembang dengan pesat. Hal itu tentunya akan mempengaruhi karakter mereka. Berikut kami telah merangkum apa saja karakteristik yang dimiliki oleh generasi z ini.

Karakteristik generasi Z

Generasi Z

1. Berpikir lebih terbuka

Generasi Z cenderung untuk berfikir dengan terbuka. Jika mereka menemukan sesuatu yang berbeda dari budaya maupun norma, mereka lebih cenderung tidak mudah terpancing ataupun terhasud oleh informasi tersebut. Hal ini disebabkan generasi z mempunyai pola pikir yang lebih terbuka sehingga mereka mampu merespon sesuatu dengan cara yang lebih logis.

2. Instan

Generasi Z memang dikenal gemar dengan segala hal yang instan dan itu mereka aplikasikan pada pemecahan masalah dengan lebih praktis. Generasi Z cenderung tidak mau meluangkan waktunya untuk suatu proses panjang dalam mencermati soatu persoalan. Ini disebabkan karena memang mereka terlahir di dunia yang segalanya sudah serba instan.

3. Minim loyalitas

Sifat oportunis cenderung melekat pada para generasi z, jika mereka menemui suatu hal yang dirasa lebih menguntungkan, maka mereka tidak akan pikir panjang untuk segera beralih dan meninggalkan hal yang kurang menguntungkan ke hal yang lebih menguntungkan tersebut. Dapat dikatakan bahwa generasi ini kurang memiliki loyalitas terhadap apa yang sebelumnya ia tekuni atau kerjakan.

4. Ambisius

Mereka cenderung ambisius. Memiliki ambisi yang besar untuk cepat sukses di usia yang muda. Hal ini masih memiliki korelasi dengan loyalitas di atas. Karena sifat ambisi yang begitu besar ini menyebabkan para generasi Z cenderung mencari sesuatu yang bisa menguntungkan dirinya agar lebih cepat menggapai tangga kesuksesan. Ambisi mereka ini juga sangat didukung dunia yang aman tanpa konflik serta ekonomi orang tua yang sebagian besar berkecukupan.

5. Idealis

Generasi Z menyukai segala hal yang berbau kebebasan. Mereka sangat bosan dengan adanya aturan yang mengekang kreatifitasnya. Itulah kenapa generasi z dikatakan sebagai generasi yang idealis.

6. Percaya diri

Karakter yang banyak ditemukan pada mereka para generasi z yaitu mereka sangat percaya diri. Jarang sekali ditemukan generasi ini bersifat inferior. Mereka juga cenderung optimistis di banyak hal. Ini termasuk mental positif yang memang seharusnya dimiliki oleh semua orang.

7. Kritis

Selain mereka percaya diri serta optimis, generasi z juga mempunyai pola pikir yang lebih kritis, terutama dalam memecahkan persoalan. Hal tersebut terjadi karena mereka cenderung bergumul dengan banyak informasi yang memang mudah sekali didapat melalui teknologi saat ini.

8. Kecanduan teknologi

Generasi yang lahir di era serba teknologi ini tentunya akan kecanduan terhadap berbagai perangkat teknologi. Mereka sangat bergantung pada kemajuan teknologi, hampir semua aktivitas mereka menggunakan sarana ini. Dan mereka sangatlah mahir dalam mengoperasikannya. Jadi jarang sekali jika kita temui generasi z ini yang gaptek.

9. Haus pengakuan

Kita semua pada dasarnya menginginkan suatu pengakuan, terlebih atas apa yang telah kita capai. Namun berbeda dengan mereka yang lahir di generasi ini, mereka cenderung ingin diberikan pengakuan berupa pujian, penghargaan atas kapabilitasnya yang tidak semua orang miliki.

10. Menyukai detail

Selain haus akan pengakuan, mereka para generasi z juga lebih menyukai segala hal yang lebih detail. Mereka ini cenderung kritis dan melihat sesuatu secara detail, terutama pada persoalan yang tengah mereka hadapi.