Tekno

Mau Mahir Elektronika? Pakai Aplikasi Belajar Elektronika Saja, Jenius Tanpa Kursus

Jadi anak elektro memang terlihat keren. Apalagi jika Anda sudah mahir Elektronika. Namun, sebelum menjadi mahir tentu Anda perlu mempelajari dasar-dasar elektronika terlebih dahulu. Bagi Anda yang menyukai elektronika, Anda bisa mencoba aplikasi belajar Elektronika. Aplikasi-aplikasi ini akan membantu Anda mendalami elektronika tanpa harus mengeluarkan budget mahal.

Apa saja rekomendasi aplikasi elektronika yang sering digunakan dan diklaim sebagai yang terbaik. Simak ulasannya di bawah.

1. LogiSim

LogiSim digunakan untuk membuat simulasi sirkuit logika digital. Aplikasi ini tergolong mudah untuk digunakan. Apalagi bagi para pemula. Tampilannya sederhana dan tidak rumit. Anda bisa dengan mudah belajar logika sirkuit melalui aplikasi ini.

2. ElectroDroid

ElectroDroid merupakan sekumpulan referensi untuk menghitung rangkaian, resistor dan berbagai komponen lainnya. Anda bisa mendapatkan dan menggunakan aplikasi ini secara gratis. Namun, jika menginginkan versi lengkapnya Anda harus menggunakan versi berbayar.

3. Droid Tesla

Droid Tesla adalah aplikasi simulator sirkuit. Aplikasinya simpel namun didesain powerful. Ia menjadikan penghitungan lebih cepat dan juga praktis, sehingga cocok bagi para pemula hingga profesional sekalipun.

Berbagai macam simulasi dapat dilakukan oleh aplikasi Droid Tesla ini. Misalkan, induktor, kapasitor, penghambat atau resistor, sumber arus AC, sumber arus DC, tegangan AC, tegangan DC dan lain sebagainya. Bahkan pada versi pronya Anda bisa mendapatkan simulasi potentiometer dan light bulb.

4. PCB Droid

Aplikasi ini memudahkan Anda untuk merancang papan sirkuit cetak. Anda bisa membuatnya dengan efisien dan cepat kapanpun dan di manapun. Ia bisa Anda gunakan sebagai perangkat keras ekstensi hingga printed circuit board untuk drone. Anda pun bisa mengekspor dan membagikan desain jadinya. Cocok digunakan untuk Anda yang hobi elektronik.

5. iCircuit

iCircuit merupakan aplikasi yang memudahkan Anda untuk merancang sirkuit. Aplikasi ini menyediakan simulasi secara analog maupun digital. Ia juga dilengkapi dengan fitur real time.

Sistem kerjanya sangat mudah Anda hanya perlu menambahkan elemen, menghubungkannya dan mengatur propertinya. Anda bisa merancang sirkuit dengan lebih dari 30 elemen. Selain itu, Anda juga dapat memodifikasi pengaturan sirkuit pada preferensi.

Itu tadi beberapa aplikasi simulasi belajar elektronika yang dapat Anda coba dan gunakan agar lebih mahir elektronika. Jangan lupa untuk tekun mempelajari aplikasi belajar elektronika tersebut ya. Selamat mencoba.