Gaya Hidup

Kegiatan yang Direkomendasikan Untuk Melatih Otak Kanan

Dalam menjaga otak tetap sehat, kita perlu melakukan beberapa aktivitas fisik yang mampu merangsang kerja otak. Nah, otak kita mempunyai dua sisi, yaitu otak kanan dan otak kiri. Keduanya mempunyai fungsi dan cara kerja yang berbeda. Untuk bisa melatih keduanya, kita diharuskan melakukan aktivitas yang mengandung logika dan seni, agar otak dapat sehat.

Jika otak kiri bekerja untuk hal-hal berbau logika, otak kanan lebih bekerja untuk hal-hal yang berbau seni, menggunakan perasaan dan imajinasi, sehingga, aktivitas yang dilakukan pun harus yang seperti itu. Kegiatan untuk melatih otak kanan merupakan kegiatan yang biasanya bersifat santai dan harus dinikmati, karena pada dasarnya otak kanan bekerja dengan perasaan, jadi aktivitasnya pun yang membutuhkan emosi dan perasaan.

Macam-macam kegiatan yang mampu melatih otak kanan

Kegiatan melatih otak bisa dilakukan dimana aja, kapan aja, dan seberapa lama aja. Yang penting kegiatannya dilakukan dengan rileks agar otak nggak terlalu tertekan dengan kegiatan yang ada. Jika otak kanan bisa terlatih dengan baik, maka dapat bekerja dengan baik dan lebih sehat pula. Nah, mari kita lihat kegiatan apa aja untuk melatihnya.

1. Melukis

Melukis membutuhkan perasaan. Curahan warna dan gaya melukis akan mengisyaratkan si seniman sendiri, maka dari itu dibutuhkan ketenangan dan suasana yang rileks, sehingga mampu berkonsentrasi untuk menghasilkan lukisan yang luar biasa dengan warna-warna cemerlang. Dengan membuat lukisan, otak kanan kita akan bekerja, dibantu dengan warna yang akan semakin menambah kerja otak.

2. Bermain musik

Musik merupakan hal yang menenangkan, terlebih musik klasik. Di saat kita berkecimpung di dunia musik atau memainkan alat musik, kita dipaksa untuk mengeluarkan ide dan pemikiran dalam kegiatan untuk melatih otak kanan agar lagu yang tercipta bisa menarik, sehingga kita membutuhkan perasaan yang tercurah ke dalam musik agar pendengar bisa ikut menjiwai, di sinilah kerja otak kanan dimulai.

3. Menulis

Semua hal yang membutuhkan ide sebenernya akan merangsang kerja otak kanan kita. Selain kegiatan di atas, menulis bisa menjadi salah satunya, sama seperti membaca cerita dan kegiatan lainnya. Ketika menulis, kita akan dibawa ke dalam imajinasi untuk membentuk sebuah cerita yang menarik, di sinilah otak kanan akan bekerja bersama dengan perasaan untuk menciptakan rasa dari peristiwa ceritanya.

Kegiatan untuk melatih otak kanan sebenernya sangat mudah dilakukan dan simpel. Terlebih untuk kita yang tertarik di bidang seni, sebenernya otak kanan kita akan lebih terlatih daripada otak kiri, hanya aja, lebih baik jika mempunyai kehidupan yang seimbang segala aspeknya.