Kesehatan

Perawatan Rambut Rontok dan Berketombe Secara Alami

Masalah rambut khususnya pada wanita cukup beragam. Mulai dari rambut kering, rambut rontok, berketombe, patah, rambut tipis, rambut berwarna merah, kusut, kusam, dan lain sebagainya. Permasalahan pada rambut datang bisa dikarenakan faktor internal dan eksternal, dua-duanya perlu diperhatikan agar kesehatan rambut senantiasa terjaga dan dapat terhindar dari masalah rambut yang macam-macam itu semua.

Faktor internal yang bisa mempengaruhi kesehatan rambut adalah pola hidup yang nggak sehat. Mulai dari makanan yang nggak sehat, tidur yang kurang, nggak sering olahraga, ditambah lagi kalo hobi styling, rambut rontok dan berketombe bisa datang dengan cepat. Untuk hal ini perlu banget perubahan, demi kesehatan rambut dan tubuhmu sendiri, biar rambutmu pun bisa ikut sehat dan bersinar tanpa masalah.

Yang kedua faktor eksternal. Faktor ini berupa keadaan lingkungan, seperti cuaca, keadaan tempat tinggal, udaranya yang nggak bersih, penuh debu, dan lainnya. Terlalu banyak polusi dan debu juga mengakibatkan rambut cepat kusut dan kering, ujung-ujungnya rontok dan bisa jadi malah berketombe. Untuk faktor eksternal ini kamu harus menanggulanginya dengan memberikan vitamin atau nutrisi tambahan pada rambutmu, agar senantiasa sehat selalu.

Rambut Rontok dan Berketombe, Penanganannya Secara Alami Tanpa Efek Samping

Untuk rambut rontok dan berketombe, pastinya ada ramuan dari bahan alami yang bisa mengurangi bahkan membantu untuk menghilangkan kedua masalah rambut tersebut. Nah, di bawah ini mimin bahas sedikit buat kamu girls.

1.Cuka
Penambah cita rasa makanan dengan rasa super asem ini ternyata punya kelebihan untuk menghilangkan ketombe dan memperkuat rambut. Untuk menggunakannya, campurkan cuka dengan air secukupnya, lalu basuh ke rambut sampai ke kulit kepala dengan merata sebelum tidur, balut handuk, baru paginya dibersihkan dengan air atau keramas.

2.Rambut rontok dan berketombe diobati dengan mengkudu
Buah yang terkenal dengan baunya yang menyengat ini emang mempunyai banyak fungsi. Bisa menjadi obat penyakit sekaligus menjadi bahan alami untuk kecantikan. Untuk mengurangi masalah rambut, bisa dengan cara memarut 3 buah mengkudu hingga halus, lalu campurkan dengan air, baru oleskan ke rambut sampai rata, diamkan sekitar seperempat jam baru bilas dengan air.

3.Jeruk nipis
Udah dipercaya sebagai penangkal ketombe sejak mimin kecil, bikin mimin percaya dengan keampuhan bahan makanan ini. Kandungan vitamin dan mineralnya mampu membersihkan sisa kotoran dan kulit mati, rambut rontok dan berketombe biasanya ada karena hal ini. Cara penggunaannya simpel banget, cukup air perasan jeruk nipis dituang ke rambut, sampai ke kulit kepalanya lebih baik, pijat dan diamkan 30 menit baru bilas air bersih.

Dan perawatan untuk masalah rambut ini adalah
1.Menggunakan vitamin rambut, sesuaikan dengan kebutuhan rambutmu
2.Saat keramas gunakan air dingin dan sampo berpH rendah
3.Gunakan conditioner lebih baik
4.Jangan mengeringkan rambut dengan digosok-gosok

Yaps, semoga bermanfaat untuk kalian semua, lumayan menambah pengetahuan tentang masalah rambut ini jadi nggak bingung lagi. Rambut rontok dan berketombe membutuhkan penanganan yang tepat agar masalah nggak timbul lagi.

Anda mungkin juga suka...