12 Mei 2024

Geser, geser, dan… eits, eh, nggak muat. Yah, itulah yang sering terjadi kalau kamu punya laptop 15-inch. Jujur, ada banyak alasan kenapa benda ini sebenernya nggak segampang yang kamu kira. Biar gak kecewa, yuk kita obrolin beberapa sisi gelap dari laptop berukuran besar ini.

Ukurannya Nggak Ramah

Awalnya, kamu mungkin senang banget punya layar yang lebar. Tapi, coba bayangin kalau lagi di perjalanan atau di kafe. Laptop 15-inch ini bisa jadi lebih berat daripada tas kamu. Duh, laptop jadi gak nyaman lagi buat dibawa-bawa. Apalagi kalau kamu harus terus-terusan berpindah tempat, ya?

Kamu juga mungkin berpikir bakal lebih enak buat multitasking. Tapi apa daya, laptop gede ini malah bikin workspace kamu jadi lebih sempit. Seringkali kamu jadi harus nge-zoom in and out, atau scroll sana-sini demi mencari yang kamu butuhkan. Sungguh bikin pusing!

Harganya “Ga Leluasa”

Laptop 15-inch punya reputasi harga yang bikin kita ngerasa kayak lagi nabung buat beli mobil. Satu contoh brand yang banyak ngeluarin versi 15-inch ya Acer (cek daftar harga laptop acer). Lihat satu contoh laptop 15-inch nya, nah itu dia contoh laptop besar yang nggak cuma berat di tas, tapi juga di kantong. 

Banyak model laptop 15-inch yang harganya bisa bikin kita merem melek. Belum lagi kalau kamu masih pelajar atau mahasiswa yang budgetnya pas-pasan, ini bisa jadi masalah besar.

Performa Nggak Selalu Bagus

Walaupun laptop 15-inch punya ukuran yang besar, bukan berarti performanya selalu oke. Beberapa model laptop besar justru kurang powerful dibandingkan dengan laptop yang lebih kecil dan ringan. Kamu bisa jadi kecewa karena berharap laptop besar akan memiliki performa yang luar biasa, tapi ternyata tidak sesuai ekspektasi.

Jadi, apa pilihan laptop 15 inch yang ada di pasaran? Kamu akan menemukan berbagai merek terkenal seperti Acer, Asus, Dell, HP, dan lainnya. Masing-masing merek menawarkan berbagai varian laptop 15-inch dengan spesifikasi yang berbeda. Namun, sebelum membeli, pastikan kamu mempertimbangkan semua faktor yang telah disebutkan di atas.

Baterai Menipis dengan Cepat

Sebenarnya, ini juga kaitannya sama ukuran laptop yang besar. Laptop 15-inch punya tampilan yang keren, tapi biasanya baterainya cuma tahan sebentar. Mau gak mau, kapasitas baterai harus lebih besar, tapi performa yang gede itu punya harga. Akhirnya, laptop ini jadi nggak cocok buat kamu yang sering berpergian atau kerja di luar kantor.

Buat yang sering on-the-go, laptop 15-inch bisa jadi beban karena kamu harus bawa charger dan mencari stop kontak setiap beberapa jam. Belum lagi, nungguin baterai isi ulang bisa bikin bosan, dan kamu jadi harus nge-charge laptop lebih sering daripada yang kamu pengen.

Makan Tempat Banyak

Bukan cuma berat, laptop 15-inch juga makan tempat banyak. Kalau kamu punya meja kecil atau workspace yang terbatas, ini bisa jadi masalah besar. 

Laptop yang gede ini bisa nggak muat di meja kamu, apalagi kalau kamu punya keyboard eksternal, mouse, dan barang-barang lain yang harus diletakkan. Terus, meja kamu jadi rame banget, dan kesan berantakan pun nggak bisa dihindari.

Gampang Rusak

Semua barang pasti ada masa pakainya, termasuk laptop. Laptop 15-inch, karena ukurannya yang besar, biasanya lebih rawan rusak daripada laptop kecil. 

Bayangin aja, ketika kamu membuka dan menutup laptop setiap hari, semakin besar layarnya, semakin besar pula tekanan yang bekerja pada engselnya. Engsel yang rapuh bisa jadi masalah serius dan mahal untuk diperbaiki.

Selain itu, ukuran layar yang besar juga bisa membuat laptop ini lebih rentan terhadap goresan dan benturan. Kamu mungkin harus lebih hati-hati saat membawanya atau meletakkannya di tas.

Nggak Cocok buat Gaming

Pikir kamu bisa main game dengan nyaman di laptop 15-inch? Hmm, mungkin kamu harus berpikir lagi. Sebagian besar laptop besar ini biasanya nggak dilengkapi dengan kartu grafis yang mumpuni untuk gaming. 

Jadi, kalau kamu pengen main game dengan grafis keren, kamu mungkin harus investasi lagi buat PC gaming atau laptop gaming yang memang dirancang khusus untuk itu.

Kesimpulan

Meskipun laptop 15-inch bisa menjadi pilihan yang menarik karena layar yang besar, ada banyak downside yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli. 

Dari masalah ukuran yang tidak ramah, hingga harga yang mahal dan kinerja yang tidak selalu memuaskan, laptop ini mungkin tidak cocok untuk semua orang. 

Jadi, sebelum kamu terjebak dalam dunia laptop 15-inch, pertimbangkan dengan matang kebutuhan dan preferensi kamu. Mungkin ada pilihan laptop lain yang lebih sesuai dengan kebutuhan kamu. Untuk cek referensi harga, kamu bisa pakai ecommerce populer seperti shopee, ruanglaptop, tokopedia, bahkan bhinneka.