Gaya Hidup

Manfaat Menggendong yang Bisa Dirasakan Orangtua Dan Anak

Banyak mitos beredar di masyarakat soal menggendong, terutama mitos bau tangan jika sering digendong. Kenyataannya, sering menggendong anak ternyata banyak manfaatnya lho, Ma! Manfaat ini ternyata bukan hanya baik bagi si Kecil, tapi juga untuk orangtua sendiri. Apa saja manfaatnya, yuk simak:

1. Memperkuat bonding

Dengan menggendong si Kecil, keintiman antara Mama dan anak akan semakin erat. Mama dapat dengan mudah berkomunikasi, mencium, memeluk, ataupun memberikan ASI.

Semakin sering Mama menggendong semakin besar juga bonding antara ibu dan anak. Jadi tidak perlu takut memanjakan anak hanya dengan menggendongnya, karena anak memang memerlukan dekapan serta pelukan dari Mama.

2. Membuat bayi lebih tenang

Anak yang digendong akan merasa lebih tenang, karena dekapan dan pelukan Mama yang hangat. Bayi, khususnya yang baru lahir akan lebih senang digendong karena mereka akan merasakan kehangatan yang sama seperti saat masih berada di perut Mama.

Mereka pun akan merasa tenang saat mendengar suara Mama, karena suara Mama adalah suara paling ia kenal semenjak masih ada di dalam kandungan. Jadi, jika bayi menangis, tidak perlu berpikir dua kali untuk langsung menggendongnya, supaya anak Mama merasa lebih tenang dan nyaman.

3. Menstimulasi perkembangan bayi lebih maksimal

Dengan menggendong, bayi akan terstimulasi lebih maksimal. Anak yang lebih sering digendong, cenderung akan lebih cepat berbicara karena mereka belajar dari cara Mama berkomunikasi dengan orang-orang sekitar

Mereka juga dapat lebih dekat memperhatikan Mama saat bersosialisasi, dan ia pun dapat melihat lingkungan sebagaimana Mama melihatnya juga.

Jadi bayi akan lebih mengenal lingkungannya, dan dapat berkembang dengan maksimal, karena ia belajar dari melihat dan mencontoh. Ini hasil penelitian yang ditulis di Jurnal Current Biology, lho Ma!

4. Meningkatkan perkembangan otak

Bayi yang sering digendong akan lebih baik perkembangan otaknya. Saat digendong saraf-saraf pada bayi akan terhubung satu sama lain karena perasaan bahagia, senang, nyaman, dan aman.

Hal tersebut saling terhubung menjadi satu dan terkoneksi pada otak Si Kecil, sehingga perkembangan otaknya pun jadi meningkat.

5. Memaksimalkan skin to skin

Dengan menggendong, Mama juga dapat memaksimalkan skin to skin dengan si Kecil. Skin to skin diketahui memiliki manfaat yang banyak sekali bukan hanya untuk bayi tapi juga untuk ibunya.

Saat melakukan skin to skin Mama akan mengeluarkan hormon oksitosin, sehingga dapat membantu pemulihan pasca melahirkan, meredakan pendarahan, serta meningkatkan suhu tubuh ibu yang baru melahirkan.

Bayi juga akan lebih cepat sembuh dari demam atau penyakit lainnya, lebih merasa hangat, dan lebih sehat. Selain Mama, Papa juga dapat melakukan skin to skin pada bayi, manfaat yang terasa juga sama seperti jika si Kecil digendong oleh Mama. Jadi, Papa juga bisa merasakan kedekatan dengan si Kecil.

Saat ini sudah begitu banyak jenis gendongan yang dapat membantu meringankan Mama dalam menggendong si Kecil. Tidak ada batasan umur kapan bayi tetap dapat digendong, semua tergantung kemampuan Mama dan Papa.

Ternyata manfaat menggendong bayi sangat luar biasa ya. Yuk biasanya menggendong si kecil dan buat ia selalu nyaman. Gunakanlah popok Merries yang terbukti nyaman dana man di kulit bayi karena telah teruji klinis dan memiliki permukaan yang lembut.