24 November 2022

Asma merupakan jenis penyakit yang terbilang kronis dan menghambat saluran pernapasan, ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas sehingga menimbulkan sesak. Selain sesak napas, penderita asma juga bisa mengalami gejala lain seperti nyeri dada, batuk-batuk, dan mengi. Asma tidak mengenal usia, penyakit ini bisa diderita oleh semua golongan usia, baik muda ataupun tua. Biasanya pengidap asma akan sering bertemu dokter untuk melakukan pemeriksaan berkala, di sini asuransi rawat jalan akan berperan penting untuk  membantu meringankan beban biaya pemeriksaan dan obat-obatan.

Sebagai pengidap asma, Anda sebaiknya memperhatikan waktu istirahat, memilih olahraga yang cocok, serta memilih makanan yang direkomendasikan seperti makanan yang mengandung asam lemak omega-3 untuk meminimalisir risiko kambuhnya gejala asma. Makanan yang direkomendasikan lainnya bisa disimak di bawah ini:

Biji-bijian

Ternyata biji-bijian mampu bekerja untuk menjaga kesehatan paru-paru secara optimal. Contoh biji-bijian yang dapat dikonsumsi penderita asma adalah biji labu, biji bunga matahari, dan biji rami. Biji-bijian tersebut memiliki banyak kandungan magnesium serta mineral. Peran magnesium yakni membantu otot-otot di saluran udara rileks dan mengurangi peradangan, sehingga Anda dapat bernapas dengan baik dan lega.

Bawang putih

Tahukah Anda bahwa bawang putih mempunyai sifat anti radang yang bermanfaat? Sifat anti radang ini berfungsi sebagai obat herbal atau alami untuk meredakan gejala asma. Selain itu, dapat juga mengurangi peradangan pada saluran napas akibat penyakit asma tersebut.

Sayuran bayam

Bayam mengandung folat (vitamin B9) yang bisa membantu mengendalikan asma. Dilansir dari helosehat.com, Annals of American Thoracic Society merilis laporan studi penelitian bahwa anak-anak yang kurang asupan folat dan vitamin D ternyata memiliki delapan kali lebih besar potensi mengalami serangan asma. Sayuran hijau lain yang baik untuk penderita asma adalah brokoli dan buncis.

Jahe

Secara ilmiah, jahe dapat mengurangi respons alergi karena memiliki sifat anti peradangan, antioksidan, dan mencegah pelepasan histamin sehingga baik sekali untuk dikonsumsi oleh penderita asma. Jahe sangat mudah ditemukan, ketika asma menyerang tidak sulit untuk meracik jahe menjadi minuman untuk melegakan pernapasan.

Buah apel

Apel memiliki kandungan flavonoid yang berperan mengurangi peradangan asma melalui sifat antioksidan, anti alergi, dan antiinflamasi. Sebuah studi di Inggris menunjukkan bahwa penderita asma yang makan apel setiap harinya memiliki risiko lebih rendah mengalami serangan asma ketimbang yang tidak makan apel sama sekali.

Itu dia beberapa rekomendasi makanan yang dapat dikonsumsi oleh penderita asma. Namun, mengkonsumsi makanan sehat perlu dibarengi oleh pola hidup yang sehat pula seperti jangan tidur terlalu larut, minum air putih sesering mungkin, berolahraga teratur, dan lain sebagainya. Semoga artikel ini bermanfaat, ya.