29 Februari 2024
Makanan Sehat untuk Lansia

Penuaan adalah bagian alami dari siklus kehidupan, dan salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan adalah pola makan. Makanan sehat berperan penting dalam menjaga kualitas hidup lansia.

Dengan mengonsumsi makanan untuk lansia agar dapat meningkatkan kesehatan serta daya tahan tubuh, mengurangi risiko penyakit kronis, dan menjaga fungsi tubuh tetap optimal.

Saat menua, tubuh mengalami perubahan fisik dan fisiologis yang dapat mempengaruhi penyerapan nutrisi. Oleh karena itu konsumsi seperti kaya akan nutrisi untuk mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Makanan sehat membantu menjaga berat badan yang sehat, mengontrol tekanan darah, menjaga kolesterol dalam kisaran normal serta meningkatkan fungsi otak.

Makanan Sehat untuk Lansia

Makanan Sehat untuk Lansia

Karbohidrat Sehat

Lansia harus mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum, dan biji-bijian. Karbohidrat sehat memberikan energi yang stabil dan bertahan lebih lama dalam tubuh.

Protein Berkualitas Tinggi

Protein membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Sumber protein berkualitas tinggi untuk lansia termasuk ikan, ayam tanpa kulit, telur, serta  kacang-kacangan.

Lemak Sehat

Lemak sehat, seperti lemak tak jenuh tunggal, membantu menjaga kesehatan jantung. Minyak zaitun, alpukat, dan kacang-kacangan adalah contoh lemak sehat.

Serat Makanan

Serat membantu menjaga pencernaan sehat dan mencegah sembelit. Sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian merupakan sumber serat yang baik.

Vitamin

Lansia memerlukan vitamintambahan untuk menjaga fungsi tubuh. Mengonsumsi makanan kaya akan vitamin C, D, dan E, serta kalsium, dapat membantu menjaga kesehatan tulang serta sistem kekebalan tubuh.

Makanan yang Harus Dihindari

Ada beberapa makanan yang sebisa mungkin untuk dihindari bagi lansia.

1. Gula

Mengonsumsi terlalu banyak gula dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes. Sebagai gantinya, pilihlah sumber karbohidrat alami.

2. Berlemak Jenuh

Makanan tinggi lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Hindari berlemak jenuh seperti olahan dan gorengan.

3. Tinggi Garam

Mengonsumsi terlalu banyak garam dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Batasi konsumsi olahan yang mengandung garam berlebihan.

Semoga dengan adanya informasi diatas bisa memberikan edukasi untuk Anda semuanya. Berikan makanan sehat kepada lansia agar semua kebutuhannya dapat terpenuhi dengan baik.