Tips

8 Tips Jitu Memilih Tempat Sewa Apartemen Bulanan Jakarta

Memilih apartemen di Jakarta membutuhkan pertimbangan yang matang

Mau tidak mau semua harus menerima kenyataan bahwa lahan di kota-kota besar seperti Jakarta sudah mulai sempit. Hal ini membuat apartemen menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk hunian daripada membeli tanah. Untuk mencari tempat sewa apartemen bulanan Jakarta saat ini juga sangat mudah sehingga Anda tidak perlu khawatir jika ingin tinggal di kawasan ibukota.

Namun, karena banyaknya pilihan, sangat penting untuk selektif dalam memilih apartemen. Berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa membantu.

Tips Memilih Apartemen untuk Hunian

Memilih apartemen di Jakarta membutuhkan pertimbangan yang matang

1. Melakukan riset sederhana

Cara ini bisa dibilang cukup penting karena akan menentukan apakah apartemen yang akan Anda sewa benar-benar sesuai dengan kebutuhan atau tidak. Anda tidak harus langsung menuju lokasi untuk melakukan riset, melainkan cukup menghubungi salah satu developer. Selain itu, Anda juga bisa membuka website yang menyediakan informasi tentang penyewaan apartemen seperti di www.rumah.com.

2. Memilih lokasi yang strategis

Selanjutnya, Anda juga harus mempertimbangkan lokasi dari apartemen tersebut. Perhatikan apa saja fasilitas umum yang berada di sekitar lokasi. Sebagai contoh, jika Anda bekerja di sebuah rumah sakit, maka pilih apartemen yang dekat dengan lokasi Anda bekerja. Fasilitas seperti tempat ibadah, terminal, dan supermarket juga sangat penting untuk diperhatikan.

3. Mempertimbangkan fasilitas apartemen

Setiap apartemen pasti memiliki fasilitas yang diunggulkan. Cobalah untuk melakukan survey atau menanyakan fasilitas apa saja yang diberikan oleh apartemen tersebut. Beberapa contoh fasilitas yang cukup penting adalah pusat olahraga, lahan parkir, kolam renang, balkon, dan juga koneksi internet. Fasilitas playground atau ruang terbuka juga penting jika Anda sudah berkeluarga.

Selain fasilitas, Anda juga harus memperhitungkan luas ruangan apartemen tersebut. Apakah ruangan tersebut cukup untuk Anda sekeluarga dan tamu yang datang atau mungkin hanya untuk Anda pribadi saja. Jika Anda tinggal di apartemen bersama keluarga, maka setidaknya apartemen tersebut harus memiliki setidaknya dua kamar mandi dan tiga kamar tidur.

4. Mempertimbangkan harga

Harga sewa apartemen di kota besar seperti Jakarta tentu berbeda dengan kota lain yang misalnya kurang padat. Oleh karena itu, sangat penting untuk menyesuaikan harga apartemen dengan budget yang Anda miliki. Jangan sampai hanya karena termakan gengsi Anda harus mengorbankan kesehatan keuangan Anda. Di sinilah survey dan riset harga beberapa apartemen serupa sangat penting untuk dilakukan.

Cara melakukan survey harga lumayan mudah. Pertama, carilah empat sampai lima apartemen di lokasi yang berdekatan dengan tipe yang serupa. Selanjutnya, lihat harga yang ditawarkan apartemen-apartemen tersebut. Jika ada memasang harga tinggi dengan fasilitas yang sama, berarti ada hal yang mencurigakan. Pilihlah apartemen dengan harga sesuai pasaran dengan fasilitas yang sama.

5. Memperhatikan tingkat keamanan

Tidak bisa dipungkiri, aksi kejahatan di kota-kota besar sangat marak terjadi. Inilah sebabnya Anda juga harus memperhitungkan tingkat keamanan dari calon apartemen yang ingin Anda sewa. Beberapa apartemen mempunyai layanan pemantauan keamanan 24 jam yang dilengkapi dengan CCTV dan satpam yang berjaga. Fasilitas ini sangat penting karena menyangkut kenyamanan hidup Anda.

6. Menemui pemilik

Jika kelima hal tersebut sudah Anda lakukan, maka langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah menemui pemilik atau developer apartemen tersebut. Tujuannya adalah menanyakan hal-hal lebih lanjut yang tidak bisa Anda temui melalui survei online seperti bagaimana sosialisasi atau aturan-aturan khusus selama menghuni apartemen tersebut.

Sembari menemui pemiliknya, Anda juga bisa langsung menuju ke lokasi apartemen untuk melakukan survey tempat secara langsung. Dengan begitu, hal-hal yang mengganjal bisa Anda tanyakan secara langsung di tempat. Perhatikan apakah fasilitas yang diberikan sudah sesuai dengan informasi yang terdapat di internet.

7. Mengecek jaringan seluler

Meskipun hal ini tergolong sepele, namun secara tidak langsung hal ini juga cukup berpengaruh. Jangan sampai provider seluler yang selama ini Anda pakai susah mendapatkan sinyal di apartemen tersebut dan mengharuskan Anda untuk ganti provider. Selain itu, cek juga fasilitas internet yang diberikan oleh apartemen, apakah kecepatannya sudah sesuai standar atau belum.

8. Melakukan perjanjian sewa

Jika sudah merasa cocok dan yakin dengan apartemen yang dipilih, langkah terakhir adalah masuk ke bagian perjanjian sewa. Hal ini sangat penting karena menyangkut beberapa hal seperti kewajiban dan hak dari pemilik maupun penyewa. Di surat perjanjian akan ada beberapa hal penting seperti uang sewa yang harus dibayar, jangka waktu, biaya tambahan, dan lain-lain.

Rekomendasi Tipe-Tipe Apartemen

1. Apartemen studio

Apartemen studio merupakan tipe apartemen yang berupa satu ruangan besar dan berfungsi sebagai ruang tamu, dapur, kamar mandi, area tidur, dan ruang makan. Biasanya apartemen studio memiliki luas sekitar 20 meter persegi. Istilah yang paling sering digunakan untuk apartemen ini adalah apartemen tipe 21.

2. Apartemen loft

Apartemen loft merupakan apartemen tanpa adanya sekat dinding. Jendelanya yang besar akan membuat sirkulasi udara menjadi lebih baik. Tipe apartemen ini memberikan kesan luas dan lapang karena tidak ada penyekatan. Plafon apartemen loft ini termasuk tinggi karena ada tambahan ruang seperti area mezzanine.

3. Apartemen 2 kamar

Seperti namanya, apartemen ini memiliki dua kamar tidur dan paling sering digunakan oleh orang yang sudah berkeluarga. Harga apartemen tipe ini biasanya lebih mahal karena selain terdapat 2 kamar tidur juga ada 2 kamar mandi.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencari apartemen yang paling tepat dengan kebutuhan Anda. Dengan menerapkan cara di atas, Anda akan merasa nyaman tinggal di apartemen karena sudah memperhitungkan secara matang-matang.