Edukasi

Perbedaan Past Participle dan Present Participle

Past participle dan present participle adalah dua hal yang hampir sama namun sebenarnya berbeda. Participle sendiri adalah kata kerja yang digunakan sebagai kata sifat dan paling sering diakhiri dengan -ing atau -ed. Participle berfungsi sebagai kata sifat, sehingga participle memodifikasi kata benda atau kata ganti.

Nah, ada dua participle yakni present participle dan past participle. Keduanya dapat digunakan sebagai kata sifat. Present participle, selalu berakhiran –ing dan past participle dari semua regular verbs berakhiran -ed. Jika masih bingung, Anda bisa melihat perbedaan dan contoh kalimat dengan past participle dan present participle di bawah ini.

Perbedaan Past Participle dan Present Participle

1. Past Participle

Past participle adalah bentuk kata kerja yang mengikuti kata kerja bantu. Past participles memiliki banyak bentuk. Contoh past participle adalah been, said, cooked, written, gone dll. Berikut adalah beberapa contoh kontekstual past participle dengan kata kerja bantu to have dan to be:

  • My Dad have been to Australia many times. (Present perfect)
  • The business already had studied the proposal. (Past perfect)
  • Yuna had learned to craft, but now she have forgotten everything she knew. (Past perfect dan present perfect)

Terakhir, past participle juga dapat digunakan sebagai kata sifat:

The confused woman drove the wrong rute

2. Present Participle

Present participle adalah kata kerja dalam bentuk “-ing” dan dapat digunakan dalam tiga cara:

  • Dengan kata kerja bantu menjadi. Contoh: Mom explaining the use of the blender machine
  • Sebagai kata sifat. Contoh: The workout today exhausted me.
  • Dalam sebuah frase. Contoh: Boarding the KRL, the passenger fell (“Boarding KRL” adalah frasa yang menggambarkan penumpang.)

Bentuk “-ing” dari kata kerja disebut gerund ketika berfungsi sebagai kata benda. Sebagai kata benda, gerund dapat menjadi subjek, objek langsung atau tidak langsung, atau objek preposisi. Penting untuk dapat membedakan antara gerund dan present participle dalam bahasa Inggris karena seringkali bentuk gerund dalam bahasa lain akan berbeda dari present participle. Berikut adalah beberapa contoh gerund:

Cooking is my favorite hobby (cooking = subjek)

Dani likes singing (singing = objek langsung)

Bagaimana, apakah masih ada yang Anda bingungkan? Tenang, kalau masih bingung, Anda bisa ikut kursus di EF English Centers! Belajar menjadi mudah dan menyenangkan dengan tutor terbaik!