Kesehatan

Bagaimana Cara Memilih Dokter Gigi Jogja Terbaik?

Bila Anda tinggal di kota besar, memilih dokter gigi bagus tentu tidak menjadi masalah. Namun, bagaimana jika Anda tinggal di kota yang tidak terlalu metropolitan seperti di Jogjakarta? Pastinya memilih dokter gigi Jogja bisa menjadi perkara sulit apabila Anda tidak tahu tempatnya.

Dibandingkan dengan kota-kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya memang kota Jogja tidak terlalu terkenal dengan fasilitas kesehatan ‘wah’ atau berkelas internasional. Namun, perlu Anda ketahui jika kota ini sebenarnya memiliki cukup banyak klinik gigi bagus serta tepercaya.

Tips Memilih Dokter Gigi Terbaik

Jika Anda masih pemula serta belum pernah pergi ke klinik atau dokter gigi sebelumnya, berikut adalah berapa tip yang bisa digunakan untuk memilih tempat dokter gigi yang benar-benar bagus dan bukan abal-abal.

1. Perhatikan jenis perawatan yang ditawarkan

Setiap klinik tentu menawarkan perawatan gigi berbeda-beda. Namun, dokter gigi kompeten serta berpengalaman biasanya selalu menawarkan layanan pemeriksaan gigi lengkap. Bahkan, tidak jarang ada layanan khusus berupa rontgen untuk memeriksa kondisi gigi dan mulut pasien sebelum melakukan perawatan.

Dokter gigi seperti ini sebaiknya dipilih karena mengerti benar kebutuhan serta kondisi pasien. Adapun untuk pemeriksaan lengkap biasanya meliputi pemeriksaan gigi, bibir, gusi, atau pipi bagian dalam. Bahkan kadang sampai bagian wajah hingga leher. Baru setelah itu dokter akan menyarankan perawatan terbaik.

2. Cari dokter yang sesuai dengan kebutuhan

Seperti yang disebutkan sebelumnya jika jenis perawatan yang ditawarkan masing-masing dokter gigi di klinik berbeda-beda. Bahkan, ada layanan perawatan khusus atau spesialis untuk bedah mulut, oral medicine, dan masih banyak lagi.

Karena jenis perawatannya beragam maka sebaiknya pilih dokter gigi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Lakukan pemeriksaan awal terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi kesehatan terutama bagian gigi dan mulut agar tahu masalah apa yang dialami. Baru jika penyakit tersebut membutuhkan penanganan lebih lanjut pasien bisa melakukan perawatan lanjutan.

3. Perhatikan kualitas layanan yang diberikan

Klinik berkualitas selain memiliki dokter terbaik tentu akan memberikan pelayanan memuaskan. Oleh sebab itu, sebelum memilih klinik ada baiknya untuk melakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu. Jika dirasa perlu Anda bisa mencari informasi tentang klinik tersebut serta mencari kesan dari mereka yang pernah mencoba layanan di tempat tersebut.

Apabila banyak respons positif maka kemungkinan besar tempat tersebut memang bagus. Tidak hanya dari segi pelayanannya saja, perhatikan juga tarif yang ditawarkan. Jika dirasa harganya dirasa terlalu mahal atau tidak sesuai dengan harga di pasaran maka ada baiknya untuk mencari tempat lain.

4. Cari rekomendasi terpecaya

Cara paling mudah untuk mendapatkan klinik gigi terbaik adalah dengan meminta saran atau rekomendasi orang terdekat. Hal ini cukup lazim mengingat orang cenderung lebih mempercayai pengalaman orang terdekat. Namun, jika tidak memiliki rekomendasi bagus maka ada baiknya melihat referensi dari berbagai aplikasi kesehatan.

Saat ini sudah banyak aplikasi dan situs kesehatan yang memberikan informasi tentang layanan berbagai fasilitas kesehatan termasuk juga klinik gigi. Informasinya lumayan lengkap mulai dari identitas dokter, layanan yang diberikan, harga, bahkan hingga respons pasien-pasien sebelumnya.

Jika Anda masih ragu memilih dokter gigi Jogja bagus maka sebaiknya pilih klinik yang sudah terkenal serta memiliki reputasi tepecaya seperti Opal Dental Indonesia. Dengan tenaga medis yang berkompeten dan berpengalaman ditambah teknologi berstandar internasional jelas bisa menjadi pilihan terbaik.