Gaya Hidup

Mengenal Berbagai Jenis Makanan Penambah ASI Paling Ampuh

Bagi para ibu ketika baru saja melahirkan, kemampuan menghasilkan ASI merupakan suatu hal penting demi membantu memberikan nutrisi pada bayi. Sebagai makanan alami, tentunya memberikan efek dalam mengembangkan serta menguatkan daya tahan tubuh menjadi lebih baik adalah jawabannya. Inilah mengapa dalam memilih makanan penambah ASI paling ampuh harus diketahui betul supaya para ibu juga merasa cocok.

Melalui metode alami dengan konsumsi sebuah bahan makanan atau olahan dengan baik akan memberikan kemudahan nantinya. Apalagi, dalam sisi rutin menyajikan ASI pada bayi adalah mampu mendekatkan antar bayi dan ibu semakin baik lagi. Kualitas dari ASI sendiri juga akan lebih terjaga karena secara tidak langsung akan membuat pola makan ibu supaya selalu menyajikan terbaik. Nyatanya inilah sisi terpenting supaya mendukung kesehatan bayi juga nantinya.

Ragam Makanan Terbaik Untuk Meningkatkan ASI

Sebenarnya indikator para ibu mampu menghasilkan ASI berkualitas yaitu kedapatan bahwa tekstur lebih kental dan banyak nutrisi. Hal ini semua tentu secara jelas bisa didapati ketika selalu diberikan makanan sehat dan didukung dari pola makannya juga secara rutin. Oleh karenanya, sebelum lebih jauh para ibu harus mengetahui ragam jenis makanan untuk bisa selalu dipenuhi demi kebaikan produksi ASI nantinya.

Berikut ini merupakan beberapa makanan paling tepat untuk bisa dikonsumsi oleh para ibu atau diolah supaya mampu meningkatkan kualitas ASI untuk bayi :

1. Ikan Salmon

Mulai dari jenis daging, dimana sumber ikan jauh lebih besar manfaatnya dibanding jika mengonsumsi hewan lainnya. Satu nama terbaik yaitu dari ikan salmon karena memang cukup banyak nutrisi dan sangat berguna seperti Omega 3, 6, dan 9. Kemampuan dalam menaikkan hormon oksitokin dan prolactin adalah alasan dari konsumsi salmon. Dalam pengolahannya sendiri cukup dipanggang hingga matang dengan bumbu secukupnya.

2. Kacang edamame

Mungkin terlihat kurang familiar, tetapi memang khasiat dari kacang edamame tidak kalah baik dimana bisa ditemui sebagai makanan meningkatkan kualitas ASI. Kandungan terpenting dari makanan ini adalah protein nabati karena mendorong agar tingkat sumber utama nutrisi tersebut terpenuhi. Apalagi, dalam konsumsi hanya perlu merebus hingga terlihat matang saja tanpa perlu kesulitan lagi.

3. Oatmeal

Oat merupakan makanan paling banyak dikonsumsi ketika sarapan, terutama karena mampu mengurangi kadar kolestrol besar. Bahkan, ternyata ini termasuk dalam salah satu makanan terbaik untuk mampu membantu para ibu bisa meningkatkan produksi ASI secara alami. Adanya antioksidan cukup tinggi merupakan faktor utama agar mendorong para ibu bisa percaya diri dalam menghasilkan ASI secara rutin tentunya.

4. Asparagus

Sebagai tanaman paling menarik untuk dibuat masakan, nyatanya asparagus memang dikatakan mampu melancarkan hormon ibu saat menyusui. Kandungan seperti nutrisi vitamin A dan K menjadi sorotan dimana dikatakan mampu mendukung terkait kualitas ASI langsung. Penyajian utama tentu dalam bentuk sup saja agar tidak membuat para ibu terlihat kesulitan saat menyajikannya.

5. Roti gandum

Salah satu alternatif terbaik yaitu mengonsumsi sebuah makanan sekelas roti gandum, ini jika konsumsi oat dirasa sulit. Karena selain hampir mirip, sisi terpenting adalah kandungan berupa asam folat sangat dibutuhkan para ibu ketika sedang menyusui berasal dari roti tersebut. Bisa juga makanan ini dijadikan sebagai cemilan bila memang para ibu merasa cukup lapar.

Oleh karenanya, beberapa daftar makanan penambah ASI paling ampuh di atas sangat baik dalam proses perjalanan menyusui ibu sendiri. Bila terjadi suatu masalah, nyatanya mengonsumsi salah satu bahan di atas merupakan jalan paling aman dan menyehatkan badan juga. Selain itu, kebaikan untuk dalam diri ibu serta anak menjadi prioritas utama agar bisa terus berkembang.