Mengapa Harga Emas Terus Berubah-Ubah?

Jika Anda perhatikan, harga emas di pasaran memang tidak stabil dan selalu berubah-ubah. Bahkan hal ini tidak hanya terjadi di Indonesia saja, namun juga di negara lain di seluruh dunia. Lantas apa alasan harga emas terus menerus berubah?

Harga perhiasan emas hari ini

1. Inflasi

Alasan pertama harga emas terus menerus berubah karena adanya inflasi. Ketika perekonomian dalam kondisi yang tidak menentu serta nilai uang menurun, maka tak sedikit orang yang berburu emas. Tingginya permintaan orang terhadap emas itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa harga emas terus merangkak naik.

2. Krisis Global

Beberapa kejadian atau peristiwa yang terjadi di dunia dapat berpengaruh pada naik turunnya harga emas. Umumnya harga emas akan naik ketika rasa percaya masyarakat terhadap pemerintah maupun pasar keuangan berkurang.

3. Nilai Mata Uang Dollar Amerika

Dari dulu hingga sekarang, mata uang dollar Amerika Serikat tetap menjadi salah satu mata uang yang paling dominan dalam perdagangan internasional.

Itulah mengapa harga emas dan mata uang dollar Amerika Serikat berhubungan kuat. Ketika nilai mata uang dollar Amerika Serikat menguat, harga emas akan melemah, begitu pula sebaliknya.