Digital Education System Bhinneka, Solusi Pembelajaran Online Masa Kini

Berbagai macam protokol kesehatan dilakukan agar penyebaran virus covid 19 dapat ditekan, salah satunya dengan cara pembelajaran online. Maka dari itu, Bhinneka.com membuat sebuah platform yang dinamakan Digital Education System atau D.E.S.E. Platform ini nantinya akan membantu semua pihak yang terlibat dalam aktivitas pendidikan, untuk dapat memenuhi kebutuhan sesuai peran masing-masing.

Digital Education System sendiri hadir dengan tujuan untuk membangun ekosistem pendidikan dengan cara pembelajaran secara mandiri, dan pengembangan potensi baik guru maupun murid melalui pendidikan digital dan pembelajaran secara online. Agar dapat lebih Anda pahami, berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai platform D.E.S.E:

Pembelajaran Online

Tujuan Digital Education System

Digital Education Super Ecosystem (D.E.S.E) adalah solusi utama dalam proses pembelajaran online yang dapat menghubungkan guru, murid, dan seluruh komponen yang mendukung dunia pendidikan melalui satu platform. Hal ini tentunya membuat seluruh proses pembelajaran secara online dapat lebih mudah untuk diakses.

D.E.S.E sendiri memiliki beberapa tujuan di dalam penggunaanya, seperti:

1. D.E.S.E diharapkan dapat menggerakan bisnis pendidikan digital bagi seluruh pendukung penyelenggara pendidikan, dan memberikan kemudahan dalam proses belajar mengajar bagi murid, guru, dan juga orang tua.

2. D.E.S.E dapat digunakan sebagai solusi untuk pembelajaran secara lengkap, dengan kemudahan mengakses berbagai variasi materi pelajaran, latihan soal dan tes, serta terintegrasi ke dalam grup belajar murid atau komunitas guru dan orang tua. Hal ini tentunya juga bertujuan untuk mengawasi hasil pembelajaran anak.

D.E.S.E, Sebagai Platform Pembelajaran Online di Indonesia

D.E.S.E (Digital Education Super Ecosystem) adalah sebuah platform pembelajaran online besutan Bhinneka.com yang dapat menggabungkan murid, guru, dan orang tua di dalam satu tempat. Tentunya hal itu memberikan kemudahan untuk murid dan guru dalam berpindah dari proses pembelajaran offline (tatap muka) ke pembelajaran online.

D.E.S.E juga menyediakan pilihan paket belajar online, jadi guru dapat memberikan pembelajaran dari jarak jauh kepada para muridnya dengan mudah. Di dalam program D.E.S.E juga menawarkan berbagai macam pelatihan, layanan konsultasi, dan membangun sebuah komunitas pendidikan di dunia digital.

Fasilitas Layanan Sekolah Online

Fasilitas Layanan Sekolah Online D.E.S.E

Digital Education System yang dikembangkan oleh Bhinneka.com juga menyediakan berbagai macam fasilitas untuk membantu para murid, guru, dan orang tua dalam proses pembelajaran online, berikut adalah beberapa di antaranya:

1. IT Infrastruktur dan Perangkat

Sebagai salah satu platform pembelajaran online, tentunya D.E.S.E juga telah menyediakan dukungan fasilitas IT Infrastruktur dan perangkat yang dapat membantu guru dan juga murid dalam menerjemahkan materi yang dijelaskan secara efektif.

2. Platform Komunikasi

D.E.S.E pun dapat digunakan sebagai alat komunikasi antara berbagai pihak yang terkait di sekolah. Platform ini pun juga dapat menghubungkan orang tua dan murid ke komunitas pendidikan atau tempat bimbingan belajar (pengajar) dengan mudah.

3. Fasilitas Pembiayaan

Jika Anda membutuhkan biaya untuk pendidikan, mungkin D.E.S.E dapat menjadi solusi dari masalah tersebut. D.E.S.E sendiri memiliki program pembiayaan bagi pada murid maupun tenaga pengajarnya. Tentunya adanya fasilitas pembiayaan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu Pendidikan dan juga memudahkan orang tua maupun guru untuk menyelenggarakan belajar online.

4. Pelatihan dan Konsultasi

D.E.S.E pun dapat memfasilitasi guru untuk meningkatkan skill dengan mengikuti pelatihan dan konsultasi. Nantinya pihak D.E.S.E Bhinneka membantu memberikan pelatihan pendidikan dengan para guru mengenai alur kerja software ini untuk dapat bersama-sama memajukan kualitas pendidikan di Indonesia.

5. Platform Belajar Online Secara Real Time

Tentunya sistem pembelajaran online memiliki perbedaan dengan sistem pembelajaran yang langsung bertatap muka. Namun, dengan fitur belajar online secara real time yang dimiliki D.E.S.E, Anda dapat merasakan sistem pembelajaran online langsung pada saat itu juga seperti halnya berada di sekolah.

Fitur ini dapat digunakan untuk mengawasi aktivitas murid ketika melakukan kegiatan di luar ruangan secara online, jadi guru tetap dapat memantau seluruh aktivitas tersebut secara langsung, walaupun melalui jarak jauh.

6. Pengelolaan Akses E-book dalam Satu Platform

Dengan melalui D.E.S.E, para tenaga pengajar dalam mengelola E-book dengan mudah untuk para muridnya hanya dalam satu platform. E-book juga dapat diakses oleh murid melalui perangkat apa saja (laptop/PC, tablet, HP)

Kelebihan D.E.S.E

1. Kelebihan untuk Murid

• E-book yang dapat di akses dengan mudah.
• Komunikasi murid satu dengan yang lainnya menjadi lebih mudah dengan adanya fitur komunitas.
• Adanya IT infrastruktur yang memadai tentunya akan membantu murid dalam memahami materi dengan lebih mudah.

2. Kelebihan untuk Guru

• Guru akan lebih mudah dalam menyampaikan materi karena user interface yang sederhana dan juga fitur-fitur yang memudahkan untuk dipahami.
• Dengan adanya fitur belajar online secara real time, guru akan lebih mudah mengawasi setiap aktivitas yang dilakukan oleh murid, terlebih jika sedang melakukan kegiatan di luar ruangan.
• D.E.S.E menyediakan fitur pelatihan dan konsultasi yang tentunya dapat digunakan guru untuk menambah ilmu dan juga skill dalam proses pembelajaran.

3. Kelebihan untuk Orang Tua

• D.E.S.E juga dapat memfasilitasi orang tua untuk memberikan bimbingan belajar secara privat ke murid.
• Orang tua akan menjadi lebih tenang dalam kebutuhan pendidikan anaknya karena D.E.S.E memastikan bahwa murid dapat memahami materi edukasi online dengan mudah.

Alur Kerja Digital Education System

Alur Kerja Digital Education System (D.E.S.E) Bhinneka

Layanan dari Bhinneka yang satu ini memanfaatkan G Suite For Education, dimana pihak sekolah akan memiliki akun Google Suite khusus yang bisa diakses oleh semua pengajar yang terdaftar. Setelah komuniatas guru sudah siap, kini komunitas siswa dipersiapkan sehingga kedua komunitas ini bisa saling terhubung untuk melakukan pembelajaran online.

Tedak perlu khawatir mengenai pembinaan cara kerja, karena D.E.S.E akan memberi pelatihan mengenai instalasi awal, cara penggunaan, latihan, dan pendampingan teknis lanjut lainnya. Pembinaan ini akan sangat fungsional untuk sekolah-sekolah yang belum punya tim IT yang mumpuni.

Sekolah tidak mempunyai perangkat yang memadai untuk menggunakan digital education system ini? Tenang saja, karena Bhinneka akan membantu pengadaan perangkat PJJ yang tentu mumpuni.

Beberapa fitur-fitur yang akan didapatkan melalui program ini adalah:
• Unlimited Google Drive
• Google Meet untuk rapat dan pembelajaran
• Google+
• Google Calendar, dan fitur-fitur premium G Suite lainnya.

Semua fitur tersebut akan terintegrasi satu sama lain sehingga memudahkan komunikasi antar pengajar dan murid.

Sebagai salah satu media yang berkecimpung di dunia teknologi, bhinneka.com tentunya sangat mendukung semua inovasi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan dibuatkannya Digital Education System atau yang dapat dikenal dengan D.E.S.E.

Dengan adanya program pembelajarn online dari bhinneka.com ini, mutu pendidikan di Indonesia diharapkan tetap meningkat walaupun di masa pandemi seperti saat ini. Jadi, tunggu apa lagi? Langsung saja kunjungi web Bhinneka untuk informasi lebih lanjut mengenai Digital Education System ini.