Pinjaman Bank BRI Jaminan SK Karyawan

Mencari pinjaman di zaman saat ini tidak terlalu sulit dilakukan, karena banyak sekali bank yang memberikan penawaran pinjaman dengan jaminan SK karyawan. Mengingat bahwa segala kebutuhan hidup memang tidak dapat dihindari dan terus menerus berjalan. Oleh karena itu sebagian orang yang mengalami kekurangan finansial dapat mengajukan pinjaman ke bank.

Salah satu bank yang memberikan pinjaman dengan jaminan SK karyawan adalah bank BRI. Namun untuk pinjaman dengan jaminan SK karyawan ini tentunya tidak semua orang bisa mengajukan pinjaman karena hanya karyawan Pegawai Negeri Sipil saja yang dapat mengajukannya. Lebih lengkapnya, silakan baca cara mengajukan kredit pinjaman BRI ini.

Kebanyakan dari bank memang akan memberikan pinjaman dengan jaminan berupa dokumen atau surat berharga seperti BPKB kendaraan, sertifikat properti, tanah, maupun aset lain yang mempunyai nilai tinggi. Namun sayangnya tidak semua orang bisa mempunyai jaminan tersebut karena beberapa kondisi finansialnya yang tidak baik.

Cukup dengan menggunakan SK kerja, Anda pun bisa mengajukan pinjaman dengan sejumlah uang dan memanfaatkan fasilitas kredit multiguna. Akan tetapi untuk SK yang dimaksud tentunya bukan hanya sekedar SK PNS saja. Akan tetapi juga mempunyai cakupan yang diperluas untuk para karyawan BUMD atau BUMN, pegawai perusahaan swasta, nasional, anggota Polri atau TNI.

Untuk karyawan swasta SK nya mempunyai kategori tersendiri untuk menilai suatu perusahaan tersebut untuk memastikan apakah SK kerjanya tersebut layak dijadikan sebagai jaminan kredit atau tidak. Sementara untuk penilaian tersebut akan disesuaikan pada kebijakan maupun peraturan yang ada di setiap bank.

Produk BRI yang ditawarkan untuk PNS

Dengan kemudahan dalam pengajuan pinjaman tersebut, maka BRI juga menawarkan produk kredit multiguna yang diberi nama sebagai BRIguna. Untuk kredit ini dapat diakses dengan cara menjaminkan SK kerja pegawai. Namun tidak semua SK dapat diterima karena hanya SK pegawai yang sudah bekerja selama 2 tahun, mempunyai pendapatan minimal 3 juta per bulannya dan sudah terdaftar sebagai pegawai tetap.

Pada biasanya untuk masa pencairan dari pinjamannya dapat dilakukan dalam 7 hari dan untuk plafon pinjaman yang ditawarkan yaitu mulai dari 500 juta sampai dengan 1 miliar. Para pihak peminjam dapat melakukan pemilihan tenor pinjaman yaitu mulai dari 1 tahun sampai dengan 15 tahun pada suku bunga kompetitif. Tidak sampai disitu saja, karena pihak peminjam juga bisa ikut serta di dalam asuransi jiwa.

Bagi Pegawai Negeri Sipil atau PNS pihak bank BRI telah mengeluarkan 2 produk sekaligus yang bisa dipilih yaitu untuk BRIguna Karya yang bisa dipilih oleh PNS yang masih bekerja secara aktif dan untuk BRIguna Purna yang dikhususkan untuk PNS yang sudah pensiun. BRI tidak hanya menerima SK PNS saja, akan tetapi BRI juga siap menerima jaminan SK pada beberapa perusahaan swasta yang sudah mempunyai kerjasama dengan pihak bank BRI.

Pada biasanya bank akan mendapatkan jaminan SK kerja ketika pengajuan kredit multiguna yang menjadi bentuk kemudahan. Untuk SK itu sendiri memiliki fungsi untuk dijadikan sebagai agunan di dalam perjanjian pengajuan kredit. Peminjam harus bertanggung jawab untuk mengembalikan sejumlah dana yang sudah dipinjamkan dari bank. Dengan hal ini maka proses peminjaman dapat berlangsung dan berakhir dengan baik.

Jika dilihat dari segi prosesnya untuk peminjaman kredit menggunakan SK kerja dianggap jauh lebih mudah. Terlebih lagi dari sisi pembayaran cicilan nya bisa dilakukan pemotongan pada sejumlah cicilan dari hutang kredit tersebut dengan melalui gaji bulanan dari karyawan yang bersangkutan. Cara ini akan lebih mempermudahkan proses dari pembayaran sekaligus mengurangi adanya resiko nasabah yang nakal ataupun telat dalam melakukan pembayaran