Otomotif

Langkah-Langkah Membeli Toyota Innova Bekas Berkualitas

Saat membeli mobil Innova bekas tentu Anda harus sangat berhati-hati. Hal tersebut karena meskipun bekas terkadang harga Innova bekas masih cukup tinggi. Jadi, apabila sampai salah beli, tentunya akan rugi besar. Nah, untuk menghindari hal seperti itu, Anda bisa simak langkah-langkah membeli mobil Toyota Innova kondisi bekas berikut ini.

Langkah-Langah Beli Toyota Innova Bekas

1. Cek Kondisi Interior dan Eksterior

Sebelum membeli kendaraan, sebaiknya Anda lakukan cek mobil secara menyeluruh. Periksalah mulai bagian, interior, eksterior, serta fitur keselamatannya. Lakukanlah pemeriksaan tersebut secara teliti agar tidak ada hal penting yang Anda lewatkan. Cek juga apakah ada komponen mobil yang perlu diganti atau tidak original.

Selain itu, pastikan juga kondisi AC, pintu, lampu, tombol-tombol navigasi, dan radio bisa digunakan dengan normal. Setelah semua itu dipastikan dapat berfungsi dengan normal, barulah Anda beralih melakukan pengecekan kondisi mesin dan performa.

2. Cek Performa Mesin

Selanjutnya, lakukanlah pengecekan pada performa mesin. Untuk melakukannya, paling mudah adalah dengan menghidupkan mesin. Apabila mobil susah dinyalakan, bisa dipastikan kondisi mesin tersebut tidak terjaga dengan baik.

Apabila mesin menyala, coba dengarkan bunyi mesin. Pastikan tidak ada bunyi-bunyian aneh yang tidak semestinya. Pada saat mengecek mesin, jangan pernah ragu untuk meminta mencobanya. Dengan begitu, Anda bisa merasakan akselerasi dan kenyamanan dari mobil tersebut. Setelah mencoba performa tersebut, pastinya Anda dapat dengan lebih mudah untuk membelinya atau tidak.

3. Minta Catatan Service

Kendaraan bekas yang masih bagus biasanya karena melakukan sering service rutin. Untuk itu, melihat catatan service dari pemilik sebelumnya adalah langkah bijak sebelum membeli mobil bekas. Melihat catatan tersebut bisa membuat Anda mengetahui masalah apa saja yang pernah dialami oleh mobil tersebut.

Mobil Innova dengan catatan service dari bengkel resmi berkualitas biasanya mempunyai harga lebih tinggi. Namun hal itu tentu sebanding dengan kualitas yang dimiliki. Kendaraan yang rajin service rutin tentu mempunyai performa yang bagus. Selain itu, kondisi komponen juga dipastikan sangat terjaga karena rutin dilakukan pengecekan sebelumnya.

4. Periksalah Kelengkapan Surat dan Dokumen

Hal yang tidak kalah penting adalah memeriksa sura dan dokumen. Pada saat akan membeli, pastikan kendaraan punya SNK serta BPKB asli. Jangan lupa juga untuk selalu cek keaslian dari dokumen-dokumen tersebut. Pengecekan bisa dilakukan sendiri atau meminta bantuan petugas berwenang. Hal ini sangat penting karena seringkali terjadi penipuan dokumen palsu pada penjualan mobil curian.

Selain itu, dokumen lengkap juga akan memudahkan Anda ketika melakukan perpanjangan pajak ataupun balik nama kendaraan. Surat tersebut juga sangat penting apabila sewaktu-waktu Anda ingin menjual kendaraan tersebut. Dengan kondisi surat lengkap, tentu harga jual mobil bisa menjadi lebih tinggi.

5. Hindari Beli dengan Harga Terlalu Murah

Pada saat mencari Innova, jangan sampai Anda terjebak dengan tawaran harga murah. Pada saat ini, harga Innova dibawah 200 juta masih ada banyak. Namun, jika harga yang ditawarkan terlalu ekstrem, lebih baik Anda berhati-hati. Hal itu karena biasanya Innova dengan harga terlalu ekstrem kondisinya tidak sesuai dengan yang dijanjikan.

Oleh karena itu, jangan malas untuk melakukan perbandingan harga pasaran kendaran terbaru. Apabila bisa memperoleh mobil murah dengan kualitas bagus itu adalah hal yang baik. Namun, jangan pernah sekali-kali tergiur dengan Innova dengan harga terlalu murah.

Demikianlah langkah-langkah yang bisa dilakukan sebelum membeli Innova. Gunakan langkah tersebut untuk mendapatkan harga Innova bekas yang berkualitas. Nah, apabila Anda sedang berencana membeli mobil bekas berkualitas, langsung saja kunjungi seva.id untuk mendapatkan informasi lengkapnya.