7 Februari 2023
Cara Membersihkan Dashboard Mobil Agar Kinclong

Cara membersihkan dashboard mobil sangat penting untuk Anda ketahui, terutama bagi Anda yang menggunakan kendaraan roda empat sebagai alat transportasi harian. Pasalnya dashboard mobil terletak di dekat kemudi, dan sering digunakan untuk menyimpan beberapa barang dan makanan.

Hal ini membuat area dashboard mudah kotor dan terlihat kusam. Untuk mengatasi hal tersebut, tentu Anda harus rajin membersihkan area dashboard mobil.

Membersihkan dashboard mobil bisa dilakukan sendiri tanpa perlu membawa mobil ke bengkel ataupun tempat cuci mobil.

Lalu, bagaimana cara membersihkan dashboard mobil dengan benar? Simak lebih lengkap ulasannya berikut ini.

Cara Membersihkan Dashboard Mobil Agar Kinclong

Cara Membersihkan Dashboard Mobil

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan dashboard mobil. Anda bisa menggunakan alat khusus, serta bahan-bahan alami yang terdapat di dalam rumah. Berikut beberapa cara membersihkan dashboard mobil yang bisa Anda coba lakukan sendiri.

1. Cara Membersihkan Dashboard Mobil dengan Kemoceng

Cara pertama untuk membersihkan mobil di bagian dashboard adalah menggunakan kemoceng. Ini adalah salah satu cara yang paling praktis dan ekonomis, yang bisa Anda coba.

Anda bisa menggunakan kemoceng secara rutin untuk membersihkan area di sekitar dashboard mobil dari debu dan kotoran. Dengan begitu, dashboard mobil akan tetap bersih dan nyaman untuk digunakan.

2. Cara Membersihkan Dashboard Mobil dengan Tisu Basah

Cara membersihkan dashboard mobil selanjutnya yaitu dengan tisu basah. Cara ini lebih efektif untuk membersihkan dashboard mobil dibandingkan dengan cara sebelumnya.

Anda bisa lap bagian dashboard mobil secara menyeluruh untuk mengangkat kotoran dan debu yang menempel. Anda juga bisa menggunakan tisu basah untuk membersihkan di bagian kemudi.

3. Cara Membersihkan Dashboard Mobil dengan Kanebo

Selain dengan tisu basah, Anda juga bisa menggunakan kanebo untuk membersihkan dashboard  mobil. Kanebo memiliki tekstur yang halus, sehingga aman digunakan untuk membersihkan di bagian dashboard mobil.

Cara penggunaannya, Anda cukup membasahi kanebo dengan air yang bersih, lalu lap secara menyeluruh bagian dashboard mobil. Gosok secara perlahan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

4. Cara Membersihkan Dashboard Mobil dengan Vacuum Cleaner

Vacuum cleaner merupakan alat khusus yang berfungsi untuk menyedot debu. Anda bisa menggunakan alat ini untuk menyedot debu di bagian dashboard mobil, hingga bagian yang sulit untuk dijangkau oleh tangan.

Namun, penggunaan vacuum cleaner tidak bisa digunakan untuk membersihkan noda atau kotoran yang membandel di dashboard mobil. Sebab, vacuum cleaner hanya berfungsi sebagai penyedot debu yang bersifat ringan saja.

5. Cara Membersihkan Dashboard Mobil dengan Sikat atau Kuas

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan sikat atau kuas yang memiliki bulu halus untuk membersihkan dashboard mobil. Dengan menggunakan sikat, Anda akan lebih mudah untuk membersihkan debu serta kotoran yang menempel pada area yang sulit terjangkau.

Cara menggunakan sikat untuk membersihkan dashboard mobil sangat mudah. Anda hanya perlu membasahi bagian sikat atau kuas dengan air bersih, lalu sikat di dashboard mobil yang kotor.

6. Cara Membersihkan Dashboard Mobil dengan Sabun Khusus Dashboard

Untuk mengatasi noda membandel yang menempel pada dashboard mobil, Anda bisa menggunakan sabun pembersih khusus dashboard. Sabun ini memiliki kandungan khusus yang efektif untuk mengangkat kotoran membandel di area dashboard mobil.

Jangan lupa untuk membilas dengan air bersih setelah dashboard dibersihkan dengan sabun khusus tersebut. Tujuannya adalah menghilangkan bau sabun yang masih tersisa di bagian dashboard.

7. Cara Membersihkan Dashboard Mobil dengan Baking Soda

Baking soda bisa menjadi salah satu cara alternatif untuk membersihkan dashboard mobil. Caranya adalah dengan melarutkan baking soda dengan sedikit air yang telah dicampur dengan sabun cuci piring, lalu aduk hingga merata.

Semprotkan di bagian dashboard mobil yang kotor, lalu bilas kotoran yang menempel dengan lap kering yang bersih

8. Cara Membersihkan Dashboard Mobil dengan Pasta Gigi

Tahukah Anda jika pasta gigi sangat ampuh untuk membersihkan, dan menghilangkan bekas goresan yang ada pada dashboard mobil? Ternyata pasta gigi memiliki kandungan zat yang sangat efektif dan ampuh untuk membersihkan dashboard mobil.

Maka, tak heran jika banyak orang yang menggunakan cara tersebut. Pasalnya, selain membersihkan penggunaan pasta gigi juga mampu menyamarkan serta menghilangkan bekas goresan yang ada di dashboard mobil.

Oleskan pasta gigi pada dashboard yang kotor atau yang terdapat bekas goresan, lalu gosok dengan kain yang bersih. Ulangi beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

9. Cara Membersihkan Dashboard Mobil dengan Minyak Zaitun

Penggunaan minyak zaitun untuk membersihkan dashboard  mobil bertujuan untuk mengurangi goresan yang akan timbul di dashboard. Selain untuk membersihkan dashboard, minyak zaitun akan membuat  dashboard Anda tampak lebih mengkilap.

Caranya sangat mudah, Anda bisa aplikasikan minyak zaitun pada lap kering yang bersih. Selanjutnya Anda bisa gosok dan bersihkan secara perlahan bagian dashboard  mobil.

10. Cara Membersihkan Dashboard Mobil dengan Polishing

Setelah membersihkan dashboard mobil, Anda bisa mengaplikasikan polishing atau pengkilap mobil. Dengan menggunakan polishing dashboard mobil tidak hanya akan terlihat bersih melainkan akan tampak lebih mengkilap.

Cara menggunakan polishing yaitu dengan mengaplikasikannya menggunakan kain microfiber ke semua bagian di dashboard mobil. Terakhir, lap kembali dashboard mobil menggunakan kain microfiber yang kering dan bersih.

Itulah cara membersihkan dashboard mobil yang terbukti ampuh menjadikan dashboard Anda lebih bersih dan mengkilap. Meskipun cara membersihkannya tergolong mudah, namun bagi Anda yang sibuk dan tak sempat melakukannya sendiri, Anda pun bisa serahkan urusan kebersihan mobil bagian luar maupun dalam termasuk dashboard di tempat cuci mobil terdekat.