Lakukan Kegiatan Ini di Pagi Hari Agar Menjadi Produktif

Sering dari kita merasa malas bergerak dan mengantuk di pagi hari. Akibatnya, bekerja menjadi tidak maksimal dan menjadi tidak produktif karena malas bergerak. Hal itu bisa terjadi karena  kurangnya energi yang cukup di pagi hari. Beberapa kegiatan di pagi hari berikut ini bisa jadi solusi agar tidak muncul rasa malas dan mengantuk sehingga menjadi lebih produktif.

Beberapa Kegiatan di Pagi Hari agar Menjadi Produktif

1. Olahraga
Olahraga merupakan kegiatan yang sangat baik dilakukan di pagi hari. Selain bisa membuat badan menjadi lebih sehat, berolahraga di pagi hari dapat membuat tubuh menjadi semangat untuk menjalani aktivitas selanjutnya. Rasa kantuk yang sering muncul di pagi hari juga akan menghilang. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti berjalan santai atau jogging di sekitar rumah.

2. Membaca buku
Membaca buku dapat merangsang otak untuk bekerja lebih optimal. Bukan hanya mendapat pengetahuan baru saja, namun dengan rajin membaca buku di pagi hari bisa membuat pikiran lebih segar. Selain membaca buku, Anda juga dapat membaca surat kabar, baik berbentuk cetak maupun elektronik.

3. Sarapan
Makan pagi atau sarapan adalah hal yang wajib dilakukan di pagi hari. Aktivitas di siang hari akan sangat menguras tenaga dan membutuhkan energi yang cukup besar. Oleh karena itu, sebaiknya Anda makan pagi terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas. Tanpa sarapan, Anda akan menjadi loyo dan kurang maksimal dalam melakukan pekerjaan.

4. Membuat to do list
Sisihkan kurang lebih 10 menit untuk membuat daftar aktivitas yang akan dilakukan di hari itu. Anda bisa menggunakan secarik kertas atau menggunakan fitur catatan di smartphone. Setidaknya, buatlah minimal 10 kegiatan yang harus Anda  selesaikan di hari itu. Jika semuanya berhasil Anda lakukan, secara otomatis akan muncul kepuasan tersendiri karena sudah berhasil mencapai target.

5. Menulis
Selain membaca, menulis juga aktivitas yang sangat baik untuk otak. Di pagi hari, Anda bisa menulis apapun, entah itu buku harian, kata-kata motivasi, dan sebagainya. Selain mengasah kemampuan verbal, menulis juga bisa bermanfaat untuk orang lain. Jika yang Anda tulis adalah buku harian, Anda bisa menggunakannya untuk bahan evaluasi harian agar di hari berikutnya menjadi lebih baik.

6. Mendengarkan musik
Jika Anda lebih menyukai aktivitas yang terlalu berat, mendengarkan musik bisa menjadi solusinya. Yang perlu diingat di sini adalah dengarkan musik yang memiliki tempo cepat dan semangat. Hal ini akan membuat tubuh menjadi semangat untuk beraktivitas. Jangan pernah mendengarkan musik dengan tema lirik sedih karena akan mempengaruhi tubuh dan pikiran.

Itulah beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan di pagi hari untuk menciptakan semangat bekerja di hari itu. Cara manapun yang Anda pilih tidak masalah. Anda bisa melakukan bergantian setiap hari agar tidak mudah bosan.