Bisnis

Inilah 6 Keuntungan Dari Investasi Reksa Dana

Dalam hidup ini, kita tidak boleh hanya bergantung pada gaji bulanan saja. Diperlukan sebuah kegiatan lain yang bisa memberikan keuntungan finansial di masa yang akan datang. Salah satu yang bisa dicoba adalah dengan berinvestasi Reksadana. Pada saat berinvestasi di Reksadana, terdapat banyak sekali keuntungan dari Investasi Reksa Dana yang bisa Anda dapatkan.

Lantas, apa sajakah keuntungan yang bisa diperoleh pada saat Anda memilih berinvestasi di Reksa Dana? Nah, untuk mengetahui jawabannya, langsung simak saja ulasannya di bawah ini.

1. Mudah Dilakukan

Berinvestasi Reksadana dikenal dapat dilakukan dengan sangat mudah. Investor hanya perlu memilih manajer investasi mana yang diinginkan. Selain itu, jenis Reksadana juga ada berbagai macam seperti, Pasar Uang, Campuran, Obligasi, dan juga Saham.

Menariknya lagi, Anda tidak perlu pusing-pusing dalam memilih instrumen karena semua hal tersebut akan dilakukan oleh manajer investasi. Perlu diketahui, manajer investasi tersebut berisi orang-orang yang sudah profesional dan penuh pengalaman di bidang Reksa Dana. Oleh karena itu, jenis investasi ini mempunyai risiko cukup aman untuk dilakukan para pemula.

2. Modal Kecil

Pada saat orang mendengar kata investasi, tentu banyak dari mereka yang berfikir tentang modal besar. Namun, di investasi Reksa Dana, Anda dapat mulai berinvestasi dengan modal kecil. Bahkan, hanya dengan 100 ribu rupiah saja sudah dapat mulai berinvestasi.

Menariknya lagi, saat ini Reksadana juga tersedia di berbagai macam e-commerce dengan minimal modal sangat kecil, yakni 10 ribu rupiah saja. Dengan modal sekecil itu, tentunya dapat membuat banyak orang lebih mudah untuk mulai mencoba berinvestasi.

3. Waktu Investasi Fleksibel

Saat berinvestasi di Reksadana, Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mengamati dan memantau pergerakan investasi. Pengecekan tersebut dapat dilakukan sehari sekali saja atau bahkan sekali saja dalam seminggu. Jadi, jenis investasi ini sangat pas sekali bagi orang yang mungkin kegiatannya cukup sibuk.

4. Pencairan Mudah

Pencarian dana dari Reksadana dapat dengan cepat dan mudah untuk dilakukan. Proses tersebut akan dilakukan sesuai dengan waktu perdagangan Reksadana. Untuk proses pencarian, pada umumnya membutuhkan waktu paling tidak dua hari setelah proses permintaan. Waktu tersebut masih terbilang cepat jika dibandingkan dengan jenis instrumen investasi lainnya.

5. Tidak Masuk Dalam Objek Pajak

Pada instrumen seperti obligasi, deposito, saham, ataupun dividen terdapat yang namanya pajak final. Akan tetapi, Anda tidak akan menemukan pajak tersebut di Reksa Dana. Dalam proses penjualan Reksadana, tidak dikenakan pajak keuntungan dari penjualan Reksadana. Dengan begitu, semua keuntungan yang bisa diperoleh merupakan keuntungan bersih.

6. Dapat Diperjual Belikan Secara Online

Keuntungan terakhir adalah produk Reksadana dapat dilakukan secara online. Hal itu tidak terlepas dari semakin berkembangnya dunia digital saat ini. Semua transaksi dapat dilakukan dengan sangat mudah lewat aplikasi di smartphone ataupun website.

Selain dapat memudahkan pada saat proses transaksi dalam Reksadana, platform online seperti itu juga dapat membuat proses investasi menjadi lebih mudah. Anda dapat melakukan pantauan dengan lebih mudah melalui smartphone ataupun website.

Itulah tadi beberapa keuntungan dari investasi Reksa Dana yang bisa Anda dapatkan. Melihat banyaknya keuntungan dan kemudahan dalam berinvestasi Reksadana ini, maka kini tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk menunda berinvestasi. Bahkan, bagi orang awam sekalipun juga bisa dengan mudah untuk berinvestasi di Reksadana.