21 Juli 2022

Teliti dalam memilih produk asuransi kesehatan memberi kesempatan mendapatkan asuransi kesehatan murah namun tetap berkualitas. Asuransi kesehatan menjadi satu diantara sekian jenis asuransi yang sifatnya perlu diprioritaskan. Masyarakat Indonesia tentu bisa mengandalkan asuransi kesehatan dari pemerintah. Namun, pernahkah mempertimbangkan asuransi kesehatan swasta?

Kelebihan Asuransi Swasta

Asuransi kesehatan adalah asuransi yang memberi perlindungan terhadap kesehatan nasabah, sehingga saat nasabah sakit dan perlu dirawat di rumah sakit. Biaya perawatan ini bisa diklaim agar bisa mendapatkan ganti dari perusahaan asuransi. Asuransi dengan prinsip seperti ini adalah asuransi kesehatan yang disediakan oleh pihak swasta atau non BPJS.

Asuransi dari BPJS Kesehatan memang sudah terbilang bagus, namun jika ingin bebas ribet pertimbangkan memiliki asuransi kesehatan dengan harga yang terjangkau dari pihak swasta. Asuransi dari pihak swasta layak dipertimbangkan karena punya beberapa kelebihan sebagai berikut:

Pelayanan Kesehatan yang Lebih Baik

Asuransi kesehatan yang disediakan pihak swasta dikenal memiliki premi yang tidak murah. Namun bergantung pada produk asuransi yang dipilih, perusahaan yang menyediakannya, usia saat menjadi nasabah, dan faktor lainnya.

Meskipun lebih mahal dibanding asuransi yang disediakan pemerintah namun sejalan dengan fasilitas pelayanan kesehatan yang lebih baik. Misalnya terkait kelas ruang rawat inap, asuransi swasta biasanya menyediakan ruang kelas 1 atau bahkan VIP.

Pilihan yang Lebih Efisien

Asuransi dari pihak swasta menjadi pilihan yang lebih efisien, sebab untuk pembayaran, konsultasi, sampai proses klaim mayoritas sudah berbasis online. Sehingga nasabah tidak perlu pergi kemana-mana untuk mengurus berbagai kebutuhan tersebut.

Selain itu, saat mengakses layanan kesehatan dijamin tidak antri panjang sehingga tidak perlu berobat sampai seharian. Tidak akan rugi sudah memiliki asuransi kesehatan dari pihak swasta.

Pilihan Produk Asuransi yang Bervariasi

Pihak swasta dalam menyediakan asuransi kesehatan biasanya disediakan berbagai pilihan. Dimulai dari asuransi kesehatan murni yang hanya mencakup layanan kesehatan. Ada juga asuransi kesehatan unit link yang sekaligus mencakup fasilitas investasi di masa mendatang. Sehingga nasabah bisa memilih produk asuransi sesuai keinginan dan kebutuhan.

Menyediakan Fasilitas Double Claim

Kelebihan berikutnya dari asuransi kesehatan yang disediakan pihak swasta adalah tersedia fasilitas double claim. Istilah yang lebih umum di dunia asuransi adalah Coordination of Benefit (COB).

Lewat skema ini nasabah bisa mengajukan klaim asuransi ganda. Misalnya saat sakit dan dirawat di rumah sakit, maka nasabah bisa menggunakan asuransi BPJS lalu dilanjut mengajukan klaim ke asuransi swasta yang dimiliki. Supaya bisa menikmati fasilitas COB ini silahkan mencari perusahaan asuransi yang menyediakannya.

Saat sakit tentunya ingin mendapatkan layanan kesehatan terbaik, dan untuk mendapatkannya bisa memiliki asuransi dari pihak swasta. Sebab asuransi dari pihak swasta biasanya menyediakan layanan kesehatan terbaik di jaringan rumah sakit yang dimiliki. Meskipun premi dikenal lumayan mahal, jika teliti membandingkan dijamin akan menemukan asuransi kesehatan yang murah dan tetap berkualitas.