Tak Berkategori

Negara Terkaya dengan Pendapatan Per Kapita Penduduk yang Tinggi

negara kaya

Pendapatan perkapita setiap penduduk serta kemajuan di bidang sektor ekonomi merupakan salah satu indikator yang digunakan untuk menilai sebuah suatu negara kaya atau miskin.

Pertumbuhan ekonomi sebuah negara yang berkembang pesat dapat menambah kekayaan suatu negara sehingga tingkat kesejahteraan rakyatnya meningkat.

Metode yang paling sering digunakan untuk mengukur tingkat kekayaan suatu negara adalah dengan metode PDB (produk domestik bruto) per kapita, yaitu total nilai dari semua barang dan jasa yang di produksi pada tahun tertentu yang setara dengan jumlah total populasi negara tersebut yang dihitung dalam dolan AS.

Selain itu beberapa aspek yang menjadi pertimbangan dalam mengukur sebuah kekayaan suatu negara adalah nilai pendapatan, nilai output, dan IPM.

negara kaya

Berikut ada beberapa negara dengan pendapatan perkapita tertinggi di dunia :

Kuwait

Negara yang terkenal di timur tengah ini memiliki rata-rata pendapatan per kapita per penduduknya sebesar $ 43.700 dengan total populasi 2,8 juta jiwa. Sektor ekonominya bergantung pada ekspor minyak.

Negara satu ini dianugerahi dengan cadangan minyak yang melimpah sebanyak 70% dari hasil produksinya di ekspor ke negara lain dan sisanya untuk konsumsi dalam negeri.

Swiss

Negara terkaya selanjutnya berada di daratan Eropa. Swiss sangat terkenal dengan produksi arlojinya yang berkualitas tinggi serta sektor pariwisatanya yang indah.

Negara ini memiliki sektor ekonomi yang beragam dan maju terutama di bidang perbankan sehingga banyak investor asing yang tidak ragu untuk berinvestasi di negara ini. Pendapatan per kapita mencapai US$ 59.375.

Uni Emirat Arab (UEA)

UEA terdiri dari 7 Emirates independen, negara ini sangat kaya akan kandungan minyak dan gas alam negara ini menjadi negara kedua terbesar penghasil minyak dunia. Hal inilah yang menjadi pendorong utama sektor perekonomian mereka.

Selain memiliki cadangan minyak yang melimpah hasil tambangnya juga tak bisa diremehkan seperti berlian, emas, perak, dan aluminium. Pendapatan perkapita negara ini mencapai US$ 67.696.

Amerika Serikat (USA)

Negara adidaya yang terletak di benua Amerika ini memiliki pendapatan per kapita US$ 57.293. Sektor ekonominya berkembang di bidang pelayanan publik, teknologi, keuangan, industri manufaktur, pengembangan bahan kimia, kesehatan, senjata dan masih banyak lagi serta didukung oleh sumber daya manusia yang berkualitas dan cerdas.

Brunei Darussalam

Negara yang berada di kawasan Asia Tenggara ini memiliki sektor ekonomi yang maju karena di dukung dengan ekspor minyak mentah dan gas alamnya yang mencapai 90% dari jumlah produksinya.

Pendapatan perkapita negara ini mencapai US$ 79.710. Selain itu kemajuan ekonominya juga didukung karena peraturan pemerintahnya yang dibuat untuk mengatur dan mendukung bidang kewirausahaan.

Hongkong

Berada di pantai selatan Cina, sektor perekonomian negara ini didukung oleh bisnis keuangannya yang maju. Selain itu negara ini juga digunakan sebagai sarana perdagangan internasional oleh sebab itu saat ini Hong Kong menjadi magnet bagi para investor.

Banyak sekali diantara investor yang berlomba-lomba untuk menanamkan sahamnya. Pendapat perkapita Hongkong mencapai US$ 79.710.

Arab Saudi

Negara ini berada di kawasan timur tengah, sektor ekonominya ditopang oleh para wisatawan yang datang berkunjung ke Mekah untuk melaksanakan ibadah haji setiap tahun dan umroh.

Selain itu ekonomi negara ini juga didukung oleh ekspor minyak buminya. Pendapatan per kapitanya mencapai US$ 54.078. beberapa upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan penduduknya adalah dengan mengurangi tingkat pengangguran serta menurunkan angka korupsi.

Itulah tadi beberapa negara terkaya yang ada di Dunia. Sekian informasi yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat dan menginspirasi. Terimakasih.