Cara Menghitung Suku Bunga Tabungan Terbaru

Menabung adalah kebiasaan baik yang perlu terus dilakukan. Jika kamu memutuskan untuk menabung di bank, kamu perlu membuka rekening terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mendatangi bank yang kamu inginkan. Beberapa persyaratan untuk membuka rekening akan dijelaskan ketika kamu sudah datang.

Nah, tabungan yang nantinya kamu setorkan kepada pihak bank, akan dikelola sedemikian rupa sehingga bank bisa menjalankan bisnisnya karena bisa mendapat keuntungan. Keuntungan tersebut didapat dari bunga bank yang diberlakukan.

Suku bunga tabungan terbaru bisa kamu tanyakan kepada pihak bank langsung karena setiap bank memiliki kebijakan yang berbeda-beda untuk menentukan suku bunga. Akan tetapi, dalam menentukan jumlah suku bunga, biasanya tetap berpegang pada ketentuan Bank Indonesia.

Cara Menghitung Suku Bunga Tabungan Terbaru

Jenis Tabungan

Sebelum mengetahui bagaimana cara menghitung suku bunga bank, kamu perlu mengetahui terlebih tipe atau jenis tabungan yang tersedia.

1. Tabungan Tunggal

Sesuai dengan namanya, tabungan tunggal adalah jenis tabungan yang dimiliki oleh perorangan. Jenis tabungan ini paling sering dibuka oleh nasabah. Anak-anak yang ingin membiasakan diri untuk menabung juga bisa membuka rekening. Tentu saja hal tersebut dilakukan atas izin dan pengawasan orangtua atau wali anak.

2. Tabungan Gabungan

Selain jenis tabungan tunggal, ada juga jenis tabungan gabungan. Jenis tabungan ini biasanya dimiliki oleh dua orang. Namun, tidak menutup kemungkinan jika rekening tabungan dimiliki oleh lebih dari dua orang. Tabungan gabungan sendiri bisa dibedakan lagi menjadi dua jenis, yaitu tabungan gabungan “and” dan tabungan gabungan “or”.

Jenis tabungan gabungan “and” adalah jenis tabungan yang harus melibatkan semua pihak atas keputusan yang diberlakukan pada rekening tabungan. Misalnya, akan diambil sejumlah uang dari rekening tersebut.

Keputusan itu harus disetujui oleh semua pihak, tidak boleh hanya salah satu. Sedangkan untuk rekening tabungan “or”, pengambilan keputusan bisa dilakukan hanya dengan melibatkan satu pihak. Untuk mencegah tindakan kejahatan, pemilik tabungan gabungan tidak akan diberi fasilitas kartu ATM.

Jadi, jika ada transaksi uang yang ingin dilakukan, pihak yang terlibat harus datang langsung ke bank.

Cara Menghitung

Setelah mengetahui jenis tabungan yang bisa dimiliki oleh nasabah bank, kamu juga perlu mengetahui cara apa saja yang bisa dilakukan dalam menghitung suku bunga yang berlaku di sebuah bank. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, yaitu:

1. Saldo Terendah

Cara menghitung suku bunga pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghitungnya dengan berdasar saldo terendah dalam tabungan. Saldo yang dipakai sebagai acuan hitung dipilih berdasar nominal yang paling rendah dalam bulan laporan yang dipakai.

Rumus yang dipakai dalam melakukan hitungan ini adalah (suku bunga yang berlaku x nominal saldo terendah dalam laporan x akumulasi hari dalam laporan) / akumulasi hari yang terjadi dalam satu tahun.

2. Saldo Rata-Rata

Jenis hitungan suku bunga selanjutnya, yaitu menggunakan jumlah saldo rata-rata. Rumus hitung yang dipakai juga sama dengan rumus sebelumnya, yaitu (saldo rata-rata x suku bunga dalam persen x akumulasi hari dalam laporan) / akumulasi hari yang terjadi dalam satu tahun.

3. Saldo Harian

Cara menghitung suku bunga selanjutnya lebih rumit jika dibandingkan dengan dua cara sebelumnya. Hal itu dikarenakan kamu harus menghitung setiap hari. Akan tetapi, rumus yang dipakai tetap sama, yaitu (saldo harian x suku bunga dalam persen x akumulasi hari dalam laporan) / akumulasi hari yang terjadi dalam satu tahun.

Salah satu bank yang bisa kamu pakai untuk membuka rekening tabungan adalah maybank.co.id. Jika kamu memakai jasa bank tersebut, akan ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapat.