Blog tips dan cara internet gratis tanpa kuota agar lebih murah dan ngirit

Rabu, 27 November 2019

Terlalu Sering Mandi Justru Tidak Mendatangkan Manfaat

Percayakah kamu bahwa hobi mandi justru memberikan dampak yang tidak baik? Hal tersebut tentu saja bertentangan dengan pemahaman selama ini yang menyatakan bahwa aktivitas mandi digunakan untuk membersihkan kuman penyebab penyakit yang mungkin menempel pada kulit. Namun, sayangnya hal tersebut tidak lagi benar bila mandi dilakukan dalam frekuensi yang berlebihan. ada beberapa dampak buru yang mungkin diterima tubuh ketika kamu sering mandi. Apa saja? Inilah jawabannya.

1. Tidak hanya bakteri penyebab penyakit, bakteri baik yang berguna bagi kulit juga bisa ikut hilang
Memang benar mandi merupakan suatu kegiatan untuk menghilangkan bakteri penyebab penyakit pada kulit. Namun, frekuensi mandi yang berlebihan bisa menyebabkan bakteri baik pada tubuh seseorang juga ikut menghilang. Bakteri baik tersebut merupakan bakteri yang bisa membantu imunitas atau kekebalan tubuh yang kamu miliki. Bila bakteri baik tersebut hilang, dikhawatirkan kekebalan tubuhmu juga ikut terganggu. Selain sistem kekebalan tubuh, bakteri baik yang hilang juga akan mengganggu sistem pencernaan dan kerja jantung di tubuhmu. Hal ini sungguh tidak baik, bukan?

2. Durasimu di kamar mandi bisa menjadi indikasi penyakit lain
Salah satu penelitian yang dilakukan oleh para pakar menunjukkan durasi atau lamanya waktu yang kamu habiskan di kamar mandi bisa menjadi petanda bahwa kamu mangalami depresi. Kebanyakan waktu yang kamu gunakan dalam kamar mandi hanya kamu gunakan untuk melamun. Melamun merupakan salah satu tanda adanya gangguan depresi. Bila kamu sudah menyadari hal ini, tidak ada salahnya untuk meminta bantuang psikolog atau psikiater agar kondisimu tidak berubah menjadi lebih parah.

3. Mandi menggunakan air hangat bukanlah suatu masalah
Memang benar beban hidup tidak bisa dihindari. Salah satu cara relaksasi adalah dengan mandi menggunakan air hangat. Air hangat akan membuat tubuhmu menjadi tenang sehingga beban atau stres yang tubuhmu terima akan sedikit terangkat. Namun, jangan lupa untuk tetap memerhatikan durasi mandimu ya. Setelah merasa cukup relaks, kamu bisa segera menyelesaikan ritual mandimu.

4. Mandi menggunakan air dingin di pagi hari
Harimu akan terasa lebih bersemangat bila dimulai dengan mandi menggunakan air dingin. Suhu dingin yang ada dalam air bisa membuat tubuhmu menjadi lebih siap untuk melakukan banyak aktivitas. Mandi menggunakan air dingin di pagi hari bisa menjadi cara agar kamu bisa merasa lebih segar sehingga harimu bisa dimulai dengan lebih benar.

Beberapa hal yang telah dijelaskan menjadi penjelasan mengapa mandi terlalu sering dan terlalu lama tidak pernah disarankan. Mandilah dengan waktu yang cukup dengan melihat efisiensi yang kamu punya. Jangan sampai karena terlalu sering dan terlalu lama mandi justru akan mengganggu kegiatanmu yang lain yang jauh lebih penting.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Artikel Rekomendasi dari Terlalu Sering Mandi Justru Tidak Mendatangkan Manfaat