Blog tips dan cara internet gratis tanpa kuota agar lebih murah dan ngirit

Sabtu, 05 Oktober 2019

Tips Merawat Komputer Agar Tahan Lama

Memang sudah menjadi suatu kewajiban, untuk semua pengguna gadget menjaga dan merawat gadget yang dimilikinya salah satunya komputer. Hal ini dilakukan agar komputer dapat terhindar dari kerusakan atau bahkan hang. Hal ini biasanya akan terjadi, terutama untuk komputer yang memiliki perangkat yang terbilang jadul seperti perangkat 2013.

Untuk dapat membuat komputer tetap bertahan dengan awet dan juga tahan lama, dalam hal ini anda juga dapat merawatnya dengan mudah. Bahkan dengan cara yang akan diberikan ini, dapat membuat komputer yang anda miliki terbebas dari beberapa ganggaun yang bisa saja merusak komputer yang anda miliki.

Cara Merawat Komputer


1. Tutup program yang tidak di perlukan
Tentunya setiap program yang dijalankan, akan membutuhkan memori yang dinamakan dengan RAM. Sehingga dengan menjalankan semua program yang ada, atau bahkan tidak menutup program yang tidak dijalankan akan membuta semakin banyak memori yang digunakan.

Hal ini akan membuat komputer yang anda miliki berjalan dengan lambat, karena menambah beban yang dimiliki komputer menjadi semakin berat. Tutuplah program yang sekiranya sudah tidak anda gunakan.

2. Memberikan ventilasi yang cukup
Untuk dapat menjaga komputer yang anda miliki tetap awet dan juga tahan lama, dalam hal ini anda harus dapat menempatkan komputer yang anda miliki di ruangan yang memang memiliki ventilasi yang terbaik dan memiliki cukup udara. Pastikan bahwa tembok yang luasnya cukup lebar dan juga udara yang masuk cukup lancar.

Hal ini dikarenakan, jika komputer kekurangan udara akan menyebabkan panas yang berkepanjangan dan membuat rangkaian elektronik yang ada di dalamnya menjadi cepat panas. Hal inilah yang dapat membuat komponen memiliki umur yang pendek.

3. Install program antivirus
Hal lainnya yang dapat anda lakukan, untuk dapat membuat komputer lebih awet dan juga tahan lama adalah dengan menginstall program antivirus. Dalam hal ini dapat membantu untuk secara mudah mengenali virus-virus apa saja yang dimiliki komputer, dan bahkan menghilangkan virus yang ada. Jangan lupa juga untuk tetap melakukan update guna untuk menghilangkan virus yang ada.

Dengan bantuan program anti virus ini, akan sangat membantu untuk komputer anda terhindar dari virus yang dapat menyebabkan komputer yang anda miliki rusak. Bahkan akan melindungi komputer anda, dari berbagai hal. Jangan lupa untuk melakukan install ulang dan lakukan update secara berkala.

Itulah 3 hal yang penting dan harus anda perhatikan, jika ingin membuat komputer yang anda miliki awet dalam jangka waktu yang lama dan dapat bertahan lebih lama. Dalam hal ini, masih bantak lagi tips lainnya, namun cara ini dapat membantu anda untuk selalu menjaga performa yang dimiliki oleh komputer dan membuatnya semakin nyaman untuk digunakan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Artikel Rekomendasi dari Tips Merawat Komputer Agar Tahan Lama