Blog tips dan cara internet gratis tanpa kuota agar lebih murah dan ngirit

Rabu, 30 Oktober 2019

Cermati Gejala Awal Kanker Payudara Sebelum Terlambat

Kanker payudara menjadi salah satu penyebab utama dari tingginya angka kematian pada kaum wanita. Kanker payudara adalah penyakit yang menyerang jaringan payudara dan sekitarnya. Kebanyakan wanita hanya tahu bahwa kanker payudara ditandai dengan benjolan di dekat ketiak. Padahal, ada banyak gejala lain yang menandai kemunculan kanker payudara. Pada tahun 2015, data dari World Health Organization (WHO) menunjukkan bahwa ada 507 ribu wanita yang meninggal dunia akibat kanker payudara. Memang menakutkan, tapi sebenarnya jika ciri-ciri kanker payudara stadium awal bisa dideteksi, bukan tidak mungkin penyakit ini dapat disembuhkan. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengetahui gejala awal kanker payudara sedini mungkin. Apabila dilihat dari perkembangan sel kankernya, kanker payudara dapat dibagi menjadi beberapa tahapan, yaitu:

1. Kanker payudara stadium nol
Pada tahap ini, sel kanker sudah ada dan sudah berkembang. Namun perkembangannya masih hanya di saluran payudara saja, belum menyebar sama sekali.

2. Kanker payudara stadium satu
Kanker payudara stadium satu masih masuk kanker payudara stadium awal. Ciri-ciri kanker payudara pada tahap ini adalah sel kanker sudah mulai berkembang dan membesar pada bagian payudara yang menjadi tempat tumbuhnya. Namun, sel kankernya belum menyebar dan ukurannya tidak lebih dari 5 cm.

3. Kanker payudara stadium dua
Pada tahapan ini, sel kanker dapat berkembang dan tumbuh dengan beberapa cara. Pada kanker payudara stadium IIA, ukuran massa kanker kurang dari 2 cm tapi sudah menyebar hingga ke kelenjar limfa yang ada di ketiak. Sementara pada kanker payudara stadium IIB, massa kanker telah lebih dari 5 cm namun sel kanker belum menyebar ke kelenjar yang ada di bawah ketiak.

4. Kanker payudara stadium tiga
Jika sudah memasuki tahap ini, sudah pasti sel kankernya mampu untuk menyebar. Stadium IIIA adalah kondisi di mana sel kanker telah menyebar ke bagian jaringan tubuh lain. Sedangkan stadium IIIB pertumbuhan sel kanker sudah sampai ke permukaan kulit dan kelenjar getah bening yang ada di dalam payudara.

5. Kanker payudara stadium empat
Ciri-ciri kanker payudara stadium empat adalah perkembangannya semakin cepat dan kian melebar ke bagian organ lain.

Gejala Awal Kanker Payudara

Ketika sel kanker tumbuh di area payudara, kemunculannya biasanya ditandai dengan berbagai gejala seperti:


1. Benjolan di payudara
Benjolan di payudara adalah gejala awal kanker payudara yang paling mudah dikenali. Benjolan kadang tidak terlihat langsung oleh mata telanjang, tapi akan terasa saat disentuh. Benjolan kanker biasanya tidak menyakitkan, meskipun beberapa orang justru merasakan sebaliknya. Rutinlah memeriksa penampilan dan kondisi payudara Anda setiap kali mandi agar bisa mendeteksi adanya masalah sedini mungkin.

2. Perubahan kulit payudara
Perubahan pada tekstur kulit payudara juga kerap menjadi gejala awal kanker payudara. Sel kanker bisa menyerang sel-sel kulit payudara yang sehat dan menyebabkan peradangan sehingga tekstur aslinya berubah. Sayangnya, gejala satu ini sering disalahpahami sebagai infeksi kulit biasa. Agar lebih yakin, waspadalah akan perubahan kulit payudara yang terjadi akibat kanker seperti di bawah ini:
● Kulit bersisik di sekitar puting dan areola.
● Adanya kulit yang menebal di area sekitar payudara.
● Kulit payudara berlesung atau berlubang seperti kulit jeruk.

3. Keluar cairan dari puting
Perubahan pada puting juga dapat menunjukkan gejala awal kanker payudara. Ketika puting mengeluarkan cairan tak biasa yang encer atau kental, Anda perlu mulai waspada. Cairan yang keluar biasanya berwarna bening, kuning, hijau, hingga merah seperti darah. Cairan ini tak selalu menandakan kanker, tapi tak ada salahnya untuk memeriksakan diri saat Anda mengalaminya.

4. Kelenjar getah bening membengkak
Kelenjar getah bening (KGB) adalah kumpulan dari jaringan sistem kekebalan tubuh yang bertugas melawan mikroorganisme asing, termasuk sel kanker. Jika sel kanker sampai masuk ke kelenjar getah bening, kelenjar ini akan mengalami pembengkakan. Selain pada ketiak, kelenjar getah bening di dekat tulang selangka juga biasanya ikut membengkak. Benjolan KGB umumnya cenderung kecil dan padat, tapi terasa lunak jika disentuh.

5. Nyeri pada payudara atau puting
Sel kanker akan menyerang sel-sel kulit sehat yang kemudian menyebabkan payudara nyeri saat ditekan. Terkadang rasa sakitnya muncul seperti sensasi panas terbakar. Rasa sakit juga kadang muncul begitu saja meski payudara tidak disentuh atau tertekan. Akan tetapi, tidak semua wanita pengidap kanker payudara mengalami sakit di payudara. Semuanya tergantung pada respon tubuh masing-masing orang.

6. Payudara memerah
Salah satu gejala awal kanker payudara yang juga tak boleh diabaikan yaitu kemerahan pada kulit. Kulit bisa jadi tampak kemerahan, keunguan, atau kebiruan seperti memar. Jika Anda sama sekali tidak mengalami trauma atau benturan pada payudara tetapi kulit terlihat merah atau memar, coba periksakan diri. Apalagi jika ternyata perubahan warna ini sudah berlangsung lama dan tak kunjung hilang.

7. Payudara besar sebelah
Payudara yang besar sebelah mungkin menjadi pertanda kanker. Sel kanker dapat membuat seluruh atau sebagian area payudara membengkak. Normalnya ukuran dua sisi payudara memang besar sebelah, tapi jika diakibatkan oleh kanker perbedaannya akan terlihat jelas. Sisi payudara yang kena kanker akan sangat membengkak sehingga akan tampak turun atau merosot dari satunya. Pembengkakan juga biasanya disertai dengan sensasi kulit yang tertarik sehingga payudara itu terasa kencang.

8. Puting susu masuk ke dalam
Sel kanker bisa menyerang dan mengubah sel di belakang puting. Perubahan ini bisa menyebabkan puting susu terbalik atau seperti menjorok masuk ke dalam. Padahal, puting susu normalnya tampak menonjol keluar. Selain ujung puting yang masuk ke dalam, bentuk dan ukuran puting juga kerap berubah jauh dari aslinya.

Meski Anda tidak merasa mengalami berbagai gejala awal kanker payudara di atas, memeriksakan diri secara rutin itu sangat penting. Dengan memeriksakan diri, Anda akan bisa turun tangan untuk mencegah keparahan penyakit. Anda juga bisa mencegah pertumbuhan sel kanker dengan mengonsumsi Nutrican. Nutrican merupakan makanan diet khusus sebagai suplemen kanker dengan tinggi energi dan protein. Nutrican diformulasikan khusus untuk meningkatkan nafsu makan dan berat badan pasien dengan penyakit kronis. Anda bisa mendapatkan Nutrican di KALBE Store.

Disadur dari:
- https://bit.ly/31iiq2E
- https://bit.ly/2JddbeD
- https://bit.ly/31kFwWf

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Artikel Rekomendasi dari Cermati Gejala Awal Kanker Payudara Sebelum Terlambat