Blog tips dan cara internet gratis tanpa kuota agar lebih murah dan ngirit

Jumat, 23 November 2018

Yakin Ingin Memulai Bisnis Online? 5 Hal Ini yang Harus Diperhatikan

Keberagaman mata pencaharian manusia bertambah banyak setiap harinya. Apalagi jika menilik betapa perkembangan teknologi sangat pesat terasa. Menjamurnya bisnis online menjadi salah satu dampaknya. Bisnis ini menjanjikan keuntungan yang lumayan jika dikelola dengan baik. Bagi yang ingin memulai peruntungan di bisnis online, ada baiknya jika memerhatikan beberapa hal berikut.

1. Tentukan Produk atau Jasa yang Akan Dijual
Penentuan produk atau jasa apa yang akan dijual pada bisnis online bisa dimulai dengan riset pasar. Sebagai calon pebisnis, kepekaan melihat apa yang dibutuhkan masyarakat menjadi hal penting. Apalagi dewasa ini kebutuhan individu semakin beragam. Kepekaan bisa dimulai dengan melihat barang atau jasa apa yang sebenarnya dibutuhkan lingkungan sekitar tetapi masih sedikit yang menyediakan.

Sebagai contoh di lingkungan mahasiswa seni. Bisnis online bisa berupa menyediakan keperluan seni yang bisa dipesan melalui online. Akan lebih baik jika keperluan seni yang disediakan adalah keperluan seni yang langka dan jarang bisa ditemukan dengan mudah. Jangan  bingung jika tidak memiliki modal besar. Para calon pebisnis bisa menerapkan sistem pre-order atau menyediakan jasa titip beli. Pebisnis hanya perlu mengunggah foto berkualitas baik dengan deskripsi menarik untuk menarik minat para calon pelanggan.

2. Jika Bisnis Konvensional Harus Memiliki Toko, Begitupun Bisnis Online
Memiliki bisnis berarti harus menyediakan tempat bagi para calon pembeli agar dapat melihat barang atau jasa yang dijual. Berbeda dengan bisnis konvensional yang memerlukan toko atau warung, bisnis online memerlukan tempat berupa website dan media sosial untu memajang dagangan.

Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membuat website adalah pemilihan domain dan hosting. Domain adalah alamat website yang akan digunakan. Sedangkan hosting dapat diartikan sebagai “bentuk fisik” kantor. Hosting merupakan tempat penyimpanan segala macam hal yang diunggah. Pemilihan domain dan hosting sangat beragam. Hal tersebut sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan bisnis online yang dijalankan.

Selain website, yang tidak kalah penting dan sudah menjadi rahasia umum adalah peran media sosial. Tak dapat dipungkiri jika keberadaan media sosial memiliki tingkat urgensi yang tinggi. Instagram, Twitter, Facebook, Youtube dan media sosial lain memiliki spesifikasinya masing-masing. Bagi seseorang yang menjalankan bisnis online sangat baik jika bisa membedakan spesifikasinya. Hal tersebut akan berdampak pada tingkat efektivitas dan efisiensi sehingga diharapkan mampu mendatangkan keuntungan yang besar.

Konten yang ada pada website dan media sosial juga harus diperhatikan. Desain layout, foto yang diunggah, deskripsi atau keterangan harus dibuat semenarik mungkin. Deskripsi yang diberikan harus detail agar calon pembeli tidak bingung menentukan pilihan. Usahakan untuk tetap ramah saat membalas semua komentar yang ada. Jelaskan baik-baik jika calon pembeli menanyakan suatu hal yang sebenarnya sudah ada di keterangan. Hal sederhana tersebut walaupun tidak berdampak langsung tapi cukup berpengaruh terhadap citra produk atau jasa bisnis online yang sedang digarap.

3. Mempelajari SEO Sama Halnya Menyiapkan Senjata untuk Dibawa ke Medan Perang
Search Engine Optimazion merupakan teknik yang digunakan untuk membuat website atau produk berada di posisi pertama mesin pencarian sesuai dengan kata kunci yang bersangkutan. Hal ini sangat penting di tengah persaingan yang cukup ketat. Berada di posisi pertama memiliki kemungkinan besar untuk dikunjungi calon pembeli sehingga presentase penjualan pun juga ikut besar. Ada banyak penyedia layanan SEO berbayar yang bisa digunakan. Namun, akan lebih baik jika pemilik bisnis online juga memahami SEO. Selain menghemat pengeluaran, memahami SEO juga sangat penting untuk memantau perkembangan bisnis online yang ada.

4. Penawaran Menarik Selalu Jadi Daya Tarik
Harus ada pengorbanan lebih yang dilakukan agar bisnis online berjalan sesuai harapan. Jangan terlalu perhitungan, sesekali memberikan penawaran menarik bisa mendatangkan calon pembeli baru dalam jumlah yang besar. Penawaran menarik bisa berupa pemberian diskon, buy one get one, giveaway, bonus atau penawaran lainnya. Tidak perlu setiap hari. Cukup adakan penawaran menarik sesuai dengan hari-hari besar. Misal, giveaway untuk memeringati hari ulang tahun pertama bisnis online. Saat hari kemerdekaan memberi diskon sebesar 17% all item atau hal lainnya.

Contoh lain, jika bisnis online menjajakan kaos tumblr, penawaran menarik bisa berupa lomba foto OOTD menggunakan kaos tumblr yang dijual. Pemenang akan mendapat voucher belanja sebesar nominal tertentu. Penawaran seperti itu secara tidak langsung menjadi lahan promosi. Bayangkan jika salah satu peserta memiliki pengikut lebih dari 300 di akun instagram, secara tidak langsung banyak orang yang melihat kaos tumblr yang sedang diikutkan lomba foto OOTD.

5. Jangan Menjadi Pebisnis yang Individualis, Pengalaman Orang Lain Selalu Bisa Diambil Hikmahnya
Banyak sekali orang-orang yang sudah terlebih dahulu terjun di bidang bisnis online. Penuh rintangan dan cobaan, ketabahan dan ketekunan orang terdahulu dalam menggeluti bisnis online bisa dijadikan sarana pendidikan. Mengikuti komunitas pebisnis online menjadi hal baik yang bisa dilakukan. Apalagi selain mempelajari perjalan bisnis mereka, komunitas tersebut bisa dijadikan tempat diskusi untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.

Selain mengikuti komunitas dan belajar dari literatur yang ada, berbagai ilmu bisnis online bisa didapat melalui seminar yang banyak diselenggarakan. Para ahli di bidangnya seringkali menjadi pembicara yang sayang sekali untuk dilewatkan. Manfaat yang didapat sungguh terasa hebat apalagi bagi orang-orang yang baru memulai bisnis online.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Artikel Rekomendasi dari Yakin Ingin Memulai Bisnis Online? 5 Hal Ini yang Harus Diperhatikan